Public Administration Program

Faculty of Administrative Science Universitas Brawijaya
Ditulis pada 17 July 2013 , oleh nurjati widodo

Strategic Plan of Public Administration 2009-2013

The  Basis of Strategic Plan  

1. Vision of Department

 “To Produce qualified Sarjana of Public Administration (State),  and able to compete in the global competition”.

2. Misi Jurusan

  • Menjadikan  pelaksanaan  Tri  Dharma  perguruan  tinggi,  baik  pendidikan  dan pengajaran,  penelitian  maupun  pengabdian  kepada  masyarakat,  makin berkualitas guna merespon kebutuhan pasar nasional dan internasional; dan
  • Menjadikan  ilmu  administrasi  publik  (negara)  memiliki  kualitas  terbaik  di  dalam maupun di luar negeri.

3. Tujuan Jurusan  

  • Menghasilkan  sarjana  ilmu  administrasi  publik  (negara)  yang  profesional  dan berdedikasi  tinggi  serta  peka  terhadap  masalah-masalah  administrasi  publik (negara);
  • Menghasilkan  sarjana  ilmu  administrasi  publik  (negara)  yang  menguasai  ilmu dan  teknologi  administrasi,  baik  dalam  bidang  administrasi  pembangunan, pemerintahan daerah maupun kebijakan publik; dan
  • Menghasilkan sarjana ilmu administrasi publik (negara) yang cakap serta mampu membina dan mengembangkan administrasi publik (negara).

4. Identitas Jurusan

Jurusan : Administrasi Publik (Negara)

Fakultas: Ilmu Administrasi

Perguruan Tinggi: Universitas Brawijaya (UB)

Bulan & Tahun: September 1964

Nomor SK Pendirian PS:

Surat Keputusan PTIP (Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan) No 1 Tahun 1963 dan disyahkan oleh Keputusan Presiden Republik Indonesia, No 196 Tahun 1963

Tanggal SK: tanggal 23 September 1963

Pejabat Penandatangan SK: Presiden Republik Indonesia

 

ANALISIS SITUASI 

A. DOSEN DAN TENAGA PENDUKUNG

Ketersediaan  dosen  di  Jurusan  Ilmu  Adminsitrasi  Publik  (Negara)  dapat dikatakan  sangat  memadai.  Dosen  tetap  sebanyak  63  orang  dan  dosen  tidak  tetap sebanyak  28  orang.  Rasio  antara  dosen  dan  mahasiswa  Jurusan  Ilmu  Administrasi Publik (Negara) saat ini adalah 63 : 1280 atau 1 : 20. Selain itu, ditinjau berdasarkan aspek jenjang kepangkatan juga  memadai  karena  Jurusan  telah  memiliki  8  orang  profesor/guru  besar,  24  orang Lektor Kepala, 13 orang Lektor dan 17 orang Asisten Ahli dan 1 orang masih berstatus CPNS. Jumlah dosen berdasarkan tingkat pendidikan dapat dilihat tabel berikut:

Tabel 1. Kualifikasi Pendidikan Tenaga Pengajar

Keterangan Kualifikasi Dosen Jumlah Persentase
Dosen Tetap S-3 19 30,16
S-2 38 60,32
S-1 6 9,52
Dosen Tidak Tetap S-3 4 14,28
S-2 17 60,72
S-1 7 25,00
TOTAL  – 91  –

 

Kondisi  kepangkatan  dan tingkat pendidikan  tersebut  sangat  dapat  mendukung pelaksanaan  kegiatan-kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi,yang meliputi pendidikan dan  pengajaran,  penelitian  dan  Pengabdian  Pada  Masyarakat.  Pada  akhirnya  kondisi demikian  memberikan  dampak  positif  bagi  perbaikan  kinerja  lembaga.  Untuk  lebih meningkatkan kinerja lembaga dilakukan dengan upaya membuka peluang melanjutkan pendidikan  dengan  memberikan  bantuan  keuangan  dan  fasilitas  lain,  serta  membuka kerja sama dengan pihak lain. Saat ini, jumlah dosen yang sedang menempuh S3 dan S2 sebanyak 21 orang, dan yang akan segera menempuh S2 dan S3 ( dalam proses) sebanyak  3 orang.
Untuk  memperlancar  proses  belajar  dan  mengajar  sangat  diperlukan  tenaga pendukung  seperti  tenaga  administrasi  dan  pustakawan.  Seluruh  tenaga  pendukung bidang  pustakawan  merupakan  karyawan  kantor  pusat  dan  karenanya  proses seleksinya melalui fakultas dan kantor pusat. Total tenaga penunjang adalah 101 orang. Jenis bidang kerja tenaga penunjang terbagi atas pustakawan, laboran/teknisi, pengolah data  keuangan,  pengolah  data  akademik,  umum  dan  perlengkapan.  Tenaga pustakawan  disentralisasikan  pada  unit  kerja  tingkat  Universitas.  Sementara  tenaga penunjang lainnya dikelola pada unit kerja fakultas.

Adapun untuk  meningkatkan  produktifitas  pegawai  dan  meningkatkan  kemampuan mereka  agar  mampu  menyesuaikan  diri  dengan  perkembangan  zaman,  dilakukan serangkaian  kegiatan  pembinaan  dan  pengembangan,  seperti  mengikut  sertakan mereka  dalam  berbagai  kegiatan  kursus,  penataran,  seminar,  dan  melanjutkan pendidikan lebih tinggi ( S1 dan S2 dibiayai Fakultas ataupun Universitas).

Selengkapnya…. Renstra Jurusan Administrasi Publik 2009-2013