Jurusan Administrasi Bisnis Gelar Sosialisasi Magang, Solusi untuk Mahasiswa

Survei Evaluasi Kepuasan Mahasiswa atas Layanan Pengajaran [Semester Genap TA 2020/2021]
16/02/2021
Permintaan Data Alumni (Tracer Study)
08/03/2021
Show all

Jurusan Administrasi Bisnis Gelar Sosialisasi Magang, Solusi untuk Mahasiswa

Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya (FIA UB) menggelar kegiatan sosialisasi magang pada Hari Kamis, 4 Februari 2021 pada pukul 09.00-12.00 WIB. Acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa jurusan administrasi bisnis angkatan 2018 yang semester ini akan menempuh magang sejumlah kurang lebih 500 mahasiswa. Kegiatan ini terlaksana dengan kerja sama jurusan administrasi bisnis dengan 3 himpunan program studi yang dibawahinya, yaitu HIMABIS, HIMAPAJAK, dan HIMAPAR.

Kegiatan magang ini merupakan salah satu syarat untuk menempuh skripsi. Pendaftaran magang pada tahun ini dapat dilakukan melalu google form dan SIFIA. Kegiatan ini dilakukan secara online dan bersamaan melalui 3 link zoom oleh ketiga program studi yang ada di dalam Jurusan Administrasi Bisnis, yaitu Prodi Administrasi Bisnis, Perpajakan, dan Pariwisata.

“Skema magang pada tahun ini cukup beraneka ragam, sehingga mahasiswa dapat melakukan magang sesuai dengan skema yang cocok dan mencukupi kebutuhannya, antara lain campus project skema 1 hingga 5, pengabdian masyarakat, kewirausahaan, magang di badan usaha (BUMN, BUMD, atau BUMDes), instansi swasta atau pemerintah, partisipasi proyek sosial, online course, dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dikoordinasi oleh LPPM UB”, penjelasan dari Bapak Irfan Kharisma Putra, SAB., MAB selaku staf Prodi Administrasi Bisnis sekaligus narasumber kegiatan ini.

 

Salah satu hal yang membedakan magang di kondisi pandemi dengan magang sebelum pandemi yaitu adanya persyaratan umum yang harus dipenuhi berupa surat persetujuan orang tua. Hal ini menjadi penting di masa pandemi mengingat ketatnya persyaratan magang pandemi agar Jurusan Administrasi Bisnis dapat mempertanggungjawabkan mahasiswanya dan kegiatan magang berjalan dengan lancar.

Prodi juga telah melakukan kerja sama dengan beberapa instansi untuk mempermudah mahasiswa melakukan kegiatan magang. “Program Studi Perpajakan bekerja sama dengan DDTC yang dapat menjadi alternatif pilihan tempat magang mahasiswa. Selain itu, banyak sekali senior-senior sebelumnya yang melakukan magang di Konsultan Tax Prime, GNV Consulting, serta instansi pemerintahan di Malang Raya”, ungkap Ibu Nurlita Sukma Alfandia, SE., MA., selaku staf Prodi Perpajakan sekaligus narasumber kegiatan ini.

 

Ibu Sukmawati Nur Salamah, SS., M.Sc. selaku staf Prodi Pariwisata sekaligus narasumber kegiatan ini memberikan tips dan trick dalam magang, “Penguasaan ilmu berkaitan dengan bidang yang ditekuni cukup penting dalam pertimbangan menentukan tempat magang. Selain itu juga harus disesuaikan dengan peminatan yang dipilih, agar magang dapat terlaksana sesuai dengan passion, sehingga magang akan terasa menyenangkan dan ilmu pun didapat dalam prosesnya”.

SIFIA merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk melakukan pendaftaran magang sampai pada proses ujian. Sistem dan aplikasi ini akan melayani keperluan mahasiswa tanpa mahasiswa hadir di kampus. Namun, mahasiswa harus teliti dalam mengisi data-data yang diminta karena jika terdapat sedikti kesalahan tidak dapat dilakukan revisi dan harus memulai prosesnya dari awal. Maka dari itu, Jurusan Administrasi Bisnis berharap mahasiswa dapat bekerja sama dengan baik terkait pengajuan alur magang yang diajukan melalui SIFIA, dalam hal mengisi dan melengkapi data secara benar, tepat, cepat dan lengkap agar dapat saling memudahkan satu sama lain. (Devi Nur)

 

Comments are closed.