Business Research series 2 : Academic Writing for Undergraduate Thesis

(English) CAREER INSIGHT WITH ALUMNI
21/04/2021
Laboratoratorium Kewirausahaan dan Inovasi dengan Prodi Administrasi Bisnis Gelar Career Insight
29/04/2021
Show all

Business Research series 2 : Academic Writing for Undergraduate Thesis

Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya (FIA UB) menggelar kegiatan Business Research series 2 tentang “Academic Writing for Undergraduate Thesis”, pada hari Sabtu, 24 April 2021 pada pukul 09.00-11.00 WIB. Acara ini diikuti oleh 114 orang mhasiswa dari berbagai angkatan yang akan dan sedang menempuh penulisan skripsi. Acara ini dibuka oleh Bapak Mohammad Iqbal Nimran S.Sos.M.IB., DBA., selaku Sekretaris Jurusan Administrasi Bisnis.

Kegiatan ini membahas tentang penulisan skripsi untuk memudahkan mahasiswa memahami hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan terkait dengan penulisan ilmiah. Materi diberikan oleh salah satu dosen FIA UB yaitu Ibu Ferina Nurlaily, SE, M.AB., M.BA., yang banyak berpengalaman dalam bidang penulisan ilmiah. Sebagai dosen yang juga membimbing mahasiswa ketika menyelesaikan skripsinya, tentunya pemateri seringkali menemukan beberapa kekeliruan yang lazim terjadi pada proses pembuatan skripsi. Pemateri membagi kesalahan tersebut menjadi 3 jenis yaitu kesalahan lay out, kesalahan redaksi, dan kesalahan materi. Baginya, kesalahan-kesalahan tersebut dapat diminimalisir dengan lebih teliti lagi dalam mengecek ulang tulisan yang sudah diketik serta mempelajari buku pedoman skripsi yang disediakan fakultas.

Pemateri juga memberikan langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh mahasiswa ketika ingin mendapatkan sebuah ide penelitian, mulai dari memcari dan mengaitkan topik dengan fenomena yang terjadi sampai dengan mencari tahu apakah data yang mendukung topik tersebut memungkinkan ketersediaannya atau tidak. “Mahasiswa bisa memulai dengan mencari topik penelitian yang dikuasai atau disukai terlebih dahulu, sehingga pada saat penulisan terasa lebih mudah.” ujar pemtaeri ketika memberi saran terkait ide penelitian.

            Ketika ingin memulai sebuah skripsi, mahasiswa disarankan untuk membuat rencana dan jadwal penelitian sehingga lebih terstruktur dan membuat mahasiswa tetap keep on track selama proses penyelesaian skripsi. Penyelesaian tugas akhir atau skripsi yang cepat tidak hanya menguntungkan mahasiswa saja tetapi juga sama halnya dengan prodi, karena waktu penyelesaian tersebut juga mempengaruhi akreditasi prodi. Masing-masing mahasiswa berhak menentukan berapa jangka waktu yang sanggup mereka tempuh untuk menyelesaikan skripsinya, lalu membuat jadwal yang realistis sehingga ada acuan untuk mengejar deadline yang sudah ditentukan.

            Selain itu, pemateri juga membagikan pengetahuannya tentang bagaimana menulis latar belakang yang baik sesuai dengan ketentuan buku pedoman skripsi. Terdapat pesan yang disampaikan pemateri bahwa menulis akan terasa mudah bila kita banyak membaca. Mahasiswa perlu sering membaca jurnal, berita atau buku yang berkaitan dengan keilmuannya untuk bisa terbiasa dan paham terhadap gaya penulisan akademis. Hal ini penting dilakukan ketika mahasiswa ingin memulai skripsinya, dari sana mahasiswa bisa belajar bagaimana cara penulisan akademis. (Arlina)

Comments are closed.