3in1 Program Studi Administrasi Bisnis: Upaya meningkatkan daya saing dan kompetensi mahasiswa

Open Educational Resources
02/11/2020
Rangkaian Kegiatan Online Course 2020
07/11/2020
Show all

3in1 Program Studi Administrasi Bisnis: Upaya meningkatkan daya saing dan kompetensi mahasiswa

Melalui program “ThreeinOne’ ini pula diharapkan dapat membantu terlaksananya kegiatan teaching collaboration antara akademisi dari lingkungan Universitas Brawijaya dengan Dosen dari Universitas di luar negeri serta praktisi handal. Program ini diharapkan dapat memberikan efek positif sekaligus percepatan transfer pengetahuan bagi mahasiswa sekaligus dosen pengampu mata kuliah di Program Studi Administrasi Bisnis.

 

Program “ThreeinOne” ini akan dilaksanakan pada Program Studi Administrasi Bisnis yang akan dilaksanakan di salah satu mata kuliah, yaitu “Manajemen Kinerja Bisnis”. Pemilihan mata kuliah ini didasari oleh beberapa latar belakang, yaitu:

  1. Perkembangan dunia digital yang turut berimbas pada dunia marketing perlu segera direspon. Dengan pelaksanaan program “ThreeinOne” ini diharapkan Program Studi Administrasi Bisnis dapat menyiapkan dan menghasilkan lulusan yang adaptif terhadap perubahan dan berdaya saing tinggi.
  2. Perkembangan bisnis ke arah global membuat semua kegiatan korporasi harus memahami pasar dan konsumen global. Pemahaman strategi marketing tidak lagi terbatas di ranah nasional, namun telah berkembang menjadi sebuah isu global. Pemahaman inilah yang harus dimiliki oleh mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis.
  3. Peningkatan kualitas pembelajaran terus menjadi prioritas civitas akademika untuk selalu ditingkatkan secara berkelanjutan. Hal ini selaras untuk mewujudkan visi dan misi program studi sebagai pusat pengembangan Administrasi Bisnis yang digunakan sebagai rujukan nasional dan dikenal oleh masyarakat ASEAN. Salah satunya dengan cara menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian untuk memperkuat dan memperkaya pendidikan dan pengajaran.

 

Pelaksanaan kegiatan 3in1 dilaksanakan dengan mengundang dua pemateri dari luar Universitas Brawijaya, yaitu:

  1. Visiting Professor: Associate Professor Dr. Hardian Gery Djajadikerta, staf pengajar di Edith Cowan University https://www.ecu.edu.au/schools/business-and-law/faculty/profiles/associate-professor/associate-professor-hadrian-g-djajadikerta
  2. Praktisi: Dr. Erna Sari, S.Sos., MAB assistant vice president PT Bank Mandiri (Persero), Tbk https://bankmandiri.co.id/web/guest/tentang-mandiri

 

Sesi dengan Visiting Professor dilaksanakan pada Kamis dan Jumat, 5-6 November 2020. Materi yang disampaikan adalah

  1. Mengenal Balanced Score Card (BSC) sebagai alat manajemen kinerja
  2. Mengenal Konsep dan Kinerja Sustainability dalam pengelolaan strategi

Uraian Assoc. Prof Dr. Hadrian membahas tentang Balanced Score Card sebagai instrumen untuk mengukur kinerja perusahaan, dan bagaimana perusahaan saat ini bergerak untuk mengembangkan sustainable performance management yang lebih mempertimbangkan dampak perusahaan pada people, profit, dan planet. Organisasi harus mampu menentukan prioritas strategi dan indikator bila organisasi yang menerapkan sustainable development, mengingat strategi dan pengukuran kinerja berbasis sustainability beragam dan kompleks.

Dosen Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis yang terlibat sebagai moderator pada saat Assoc. Prof Dr. Hadrian Gery Djajadikerta menyampaikan materi adalah:

  1. Agung Nugroho Luthfi Imam Fahrudi, S.AB, M.BussSysPro., PhD
  2. Muhammad Faisal Riza, S.Sos, M.Si
  3. Onni Meirezaldi, S.Sos, MM

 

Selanjutnya sesi dengan Praktisi dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 dan 14 November 2020. Materi yang disampaikan adalah

  1. Performance Management: Survey, Models & Reactions
  2. Managing Organizational Performance

Konsep dan model Performance Management System di perusahaan dapat digunakan sebagai kerangka untuk mempersiapkan diri mulai saat ini untuk sesuai dengan indikator input karyawan pada saat rekruitmen. Hal ini sangat penting untuk proses adaptasi karyawan baru dan memudahkan karyawan memahami kebutuhan dan budaya kerja organisasi. Karyawan baru sudah mendapat target kinerja. Poin penting yang perlu diperhatikan bahwa setiap karyawan menjadi aset perusahaan yang merupakan sumber daya bagi pencapaian kinerja perusahaan. Makanya kelebihan dan kekurangan karyawan diidentifikasi, dan dilakukan pengembangan sumber daya manusia.

 

Hal ini juga menunjukkan bahwa persaingan pasar kerja sangat tinggi. Perusahaan-perusahaan besar saat ini tidak memfokuskan pada Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebagai indikator dasar untuk rekruitmen karyawan. Mahasiswa dituntut untuk mampu mengembangkan kapasitas diri sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan mempersiapkan karakter mahasiswa. Tantangan rekruitmen saat ini adalah ketika mahasiswa yang berada pada generasi mileneal memiliki karakter yang berbeda dengan karakter para pengelola perusahaan.

Dosen Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis yang terlibat sebagai moderator pada saat Dr. Erna Sari, S.Sos., MAB menyampaikan materi adalah:

  1. Nila Firdausi Nuzula, PhD
  2. Rizal Alfisyahr, SE., MM
  3. Lusy Deasyana Rahma Devita, SAB, MAB
  4. Ferina Nurlaily, SE, MAB, MBA

 

Comments are closed.