FORUM GROUP DISCUSSION (FGD) PENYELESAIAN SKRIPSI BAGI MAHASISWA TINGKAT AKHIR

Sosialisasi Magang Pandemi Prodi Bisnis dan Pariwisata
28/09/2020
ONLINE COURSE
20/10/2020
Show all

FORUM GROUP DISCUSSION (FGD) PENYELESAIAN SKRIPSI BAGI MAHASISWA TINGKAT AKHIR

             Forum Group Discussion (FGD) yang diadakan secara daring oleh Program Studi Administrasi Bisnis pada hari Sabtu tanggal 26 September 2020. FGD ini bertujuan untuk menggali informasi dari para mahasiswa tingkat akhir terhadap kendala-kendala yang mereka hadapi dalam proses penyelesaian skripsi. FGD ini dirancang secara santai agar para mahasiswa dapat mengutarakan apa yang dirasakan dan dialami dari hati ke hati kepada Tim. FGD ini merupakan rangkaian dari kegiatan Program Akselerasi Skripsi yang diketuai oleh Dr. Ari Darmawan. Tim Akselerasi Skripsi ini terbagi menjadi beberapa penanggungjawab sesuai bidang risetnya, diantara ialah Bapak Langgeng Setyono, S.AB., M.AB. sebagai PIC dibidang riset Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), Bapak Irfan Kharisma Putra, S.AB., M.AB. sebagai PIC dibidang riset Pemasaran, selanjutnya PIC riset bidang Keuangan oleh Ibu Reika Happy Sugiastuti, S.AB., M.AB., dan yang terakhir Bapak Safarudin Hisyam Tualeka, S.Tr. Kom., M. AB., sebagai PIC riset bidang SIstem Informasi Manajemen (SIM).  Tujuan pembagian PIC pada setiap bidang riset ini untuk memudahkan koordinasi dan komunkasi para mahasiswa terkait riset yang mereka teliti sebagai Tugas Akhir (skripsi) sesuai dengan bidang keahliah masing-masing PIC.

            Dari hasil FGD yang dilakukan, TIM mendapatkan informasi bahwa kendala yang menyebabkan proses penyelesaian skripsi tidak tepat waktu diantaranya ialah, pertama kondisi pandemic saat ini yang menyebabkan mahasiswa terbatas dalam mendapatkan sumber referensi dari perpustakaan, selanjutnya yang kedua kendala komunikasi yang mereka alami dengan dosen pembimbing, kemudian ada beberapa diantara mereka yang melakukan kerja parttime sehingga waktu mereka terbatas, yang terakhir ialah kendala untuk melakukan riset atau turun lapangan karena kebijakan social distance ini menyebabkan mereka kesulitan untuk mencari data primer. TIM akselerasi ini sebagai fasilitator bagi mahasiswa tingkat akhir akan menampung semua permasalahan atau kendala yang mereka hadapi untuk selanjutnya di sampaikan kepada Program Studi, sekaligus sebagai pendamping mereka dalam proses penyelesaian tugas akhir. Namun sejauh ini saat diskusi selama FGD, TIM mengutarakan bahwa mereka para mahasiswa akhir masih terlihat tetap semangat untuk penyelesaian skripsi dan berharap untuk segera lulus. Bagi para TIM ini merupakan modal utama yang penting, karena mereka masih antusias untuk penyelesaian skripsi dan tidak putus asa.

Kedepannya kegiatan FGD ini perlu diadakan secara rutin, dengan tujuan untuk mengetahui progress dari setiap mahasiswa dan mengetahui kendala yang mereka hadapi. Sehingga nantinya dapat membantu untuk proses penyelesaian skripsi menjadi lebih baik dan tepat waktu. (Reika happy)

Comments are closed.