Mencari
Tutup kotak telusur ini.

Konsentrasi Baru Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis untuk Penuhi Kebutuhan Dunia Kerja

Bagikan Ke:

Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) terus berinovasi dalam hal pengembangan kurikulum pendidikan. Dengan inovasi ini, luaran kurikulum pendidikan yang ada di berbagai program studi di bawah FIA UB dapat memenuhi kebutuhan dunia kerja, seperti yang dilakukan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis (PSIAB). Mulai tahun ajaran 2015/2016, program studi yang baru saja mempertahankan nilai akreditasi “A” dari BAN PT ini akan membuka empat konsentrasi baru untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dunia bisnis saat ini. Empat konsentrasi baru tersebut adalah Manajemen Strategis, Kewirausahaan, Manajemen Rantai Penyediaan Barang Ritel (Retail Supply Chain Management), dan Real Estate. Keempat konsentrasi tersebut melengkapi empat konsentrasi yang sudah ada sebelumnya, yakni Pemasaran, Sumber Daya Manusia (SDM), Sistem Informasi Manajemen (SIM), dan Keuangan Bisnis.

Daftar Konsentrasi Baru PSIAB dan Mata Kuliahnya
Daftar Konsentrasi Baru PSIAB dan Mata Kuliahnya

Dalam konsentrasi Manajemen Strategis, mahasiswa akan memelajari pengelolaan perusahaan secara berkesinambungan, baik perusahaan berskala kecil maupun besar, melalui perhitungan yang akurat, implementasi rencana kerja secara efektif dan efisien, serta pengawasan evaluasi terhadap luaran kinerja secara periodik. Di tempat kerjanya nanti, mahasiswa yang lulus dari konsentrasi ini dapat mengambil peran sebagai Konsultan Strategi atau Perencana Strategi, pengelola sumber daya manusia atau analis ekuitas pemasaran, serta di bidang manajemen investasi atau manajemen area lain seperti pemasaran, keuangan, teknologi informasi, atau sumber daya manusia.

Sementara itu, dalam konsentrasi Kewirausahaan, mahasiswa akan banyak belajar cara menciptakan kesempatan-kesempatan wirausaha, mengevaluasi kecukupan finansial sebuah perusahaan, membentuk tim, membangun pemodelan bisnis, menjalin hubungan dengan rekanan kerja maupun konsumen, sembari di saat yang sama memunculkan ide-ide usaha baru. Mahasiswa yang belajar di dalam konsentrasi ini akan didorong untuk berpikir dan bertindak dalam kerangka kewirausahaan baik dalam lingkup akademik maupun melalui pembelajaran langsung dari fenomena kekinian di dunia bisnis.

Dalam konsentrasi Manajemen Rantai Penyediaan Barang Ritel, mahasiswa akan dilatih untuk bekerja dalam bidang-bidang yang berkaitan dengan penyediaan barang, mulai dari perencanaan dan penjadwalan, penyiapan logistik, distribusi barang, produksi barang, desain proses dan pelayanan, negosiasi kontrak, pengoperasian toko, hingga penjualan. Bidang-bidang yang dicakup dalam konsentrasi ini sangat dibutuhkan di semua perusahaan, termasuk perusahaan di bidang jasa, organisasi yang berorientasi keuntungan (profit-oriented), maupun organisasi nirlaba.

Terakhir, dalam konsentrasi Real Estate, mahasiswa akan disiapkan untuk bekerja di bidang real estate yang mencakup tiga area pekerjaan utama, yakni real estate hunian (residential), komersil (commercial), dan industri (industrial). Selain itu, mahasiswa juga akan banyak memelajari bidang-bidang lain yang menunjang pengembangan real estate, di antaranya kaidah-kaidah hukum, pemanfaatan teknologi, serta ekonomi dan pasar keuangan.

Agar mahasiswa PSIAB lebih mengenal empat konsentrasi baru ini, dalam waktu dekat ketua PSIAB akan menyelenggarakan sosialisasi. (ALA/FIA)

Berita Terbaru

Artikel Lainnya

Dapatkan informasi terbaru dari Fakultas Ilmu Administrasi Univesitas Brawijaya