Mencari
Tutup kotak telusur ini.

Espriex 2013 “Creative Business For Shaping The Future of ASEAN”

Bagikan Ke:

Dalam rangka acara Dies Natalis Brawijaya yang ke 50, Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Bisnis menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional dan Business Model Competition tingkat Nasional dan Regional ASEAN. Kegiatan ini telah dimulai pada bulan Oktober 2012.

Event ini adalah yang pertama di Indonesia dan akan menjadi event tahunan juga bagi FIA. Event ini dinaungi oleh sebuah judul event yaitu espriex. Espriex tahun ini mengusung tema “Creative Business For Shaping The Future of ASEAN”.

Yang terdiri dari dua acara yaitu Seminar dan Business Model Competition. Dengan kegiatan seminar ini diharapkan dapat memperoleh gambaran umum mengenai kondisi dan perkembangan perekonomian Nasional dan ASEAN kaitannya dengan kontribusi industry kreatif di dalamnya saat ini. Sedangkan kegiatan Business Model Competition diharapkan mahasiswa S1 maupun S2 di tingkat nasional maupun regional ASEAN dapat mengkonsep sebuah bisnis baru dengan metode business model. Puncak dari kegiatan ini adalah acara seminar dan business model competition awarding.

Event ESPRIEX (Entrepreneurial Spirit) ini terdiri dari dua (2) macam kegiatan yang akan kami laksanakan bergantian, yaitu: (1) 2013 International & National Business Model Competition, untuk kategori peserta nasional (tingkat mahasiswa S1 dan S2), dan kategori regional ASEAN (tingkat mahasiswa S1 dan S2 regional ASEAN). (2) Seminar Nasional tentang “Creative Business For Shapping The Future of ASEAN”.

 

FIRST EVENT

2013 INTERNATIONAL & NATIONAL BUSINESS MODEL COMPETITION

Kompetisi ini terbagi menjadi 2 (dua) macam kategori submission,

yaitu:

  • Business Model Competition for International Category, dengan jumlah peserta 73 peserta, Kategori ini diperuntukan untuk seluruh mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1 maupun S2 di lingkungan Perguruan Tinggi se-ASEAN dengan ketentuan submission dari business model adalah untuk skala bisnis international.
  • Business Model Competition for National Category, dengan jumlah peserta 129 peserta.  Kategori ini diperuntukan untuk seluruh mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1 maupun S2 di lingkungan Perguruan Tinggi (PTN maupun PTS) di dalam negeri (Indonesia) dengan ketentuan submission dari business model adalah untuk skala bisnis nasional.

Dari keseluruhan peserta, setelah melalui proses peniliaian, maka diperoleh finalis sebagai berikut:

 

No. Nama Tim Asal Universitas Kategori
1 Growbox ITB Nasional
2 The River Universitas Jambi Nasional
3 Portal Indonesia Universitas Negeri Malang Nasional
4 The Quartier Prasetya Mulya Nasional
5 Sahardjo Universitas Gajah Mada Nasional
6 Froyo Moo IM Telkom Nasional
7 Bambino IM Telkom Nasional
8 MAMI IPB Nasional
9 Greest IPB Nasional
10 UNAGI Chips/ Kripik Belut IPB Nasional
11 Frozen Kefir IPB Nasional
12 Marshmallow IPB Nasional
13 Mirale Crew IPB Nasional
14 Green Herb IPB Nasional
15 Nata de Seawed IPB Nasional
16 Gambierdient Kids IPB Nasional
17 Shineers IPB Nasional
18 Alice Healthy Rice IPB Nasional

 

No. Nama Tim Asal Universitas Kategori
1 Eke’ Rock Myanmar HRM Institute Internasional
2 Bike.bdg Parahyangan Chatolic University Internasional
3 Meal Cab Universiti Malaysia Pahang Internasional
4 Gemilang Agrobiz Universiti Putra Malaysia Internasional
5 Demeter Prasetya Mulya University Internasional
6 Getashoes Brawijaya University Internasional
7 Victoris President University Internasional
8 Impulse Multimedia University Internasional
9 CTR Universitas Indonesia Internasional
10 K-Bisc University of Al Azhar Indonesia Internasional
11 UMT-HISAAC Universiti Malaysia Terengganu Internasional
12 CR2 Universiti Tekhnologi Malaysia Internasional
13 Eco M Singapore Polytechnic Internasional
14 Kaisara Telkom Institute Of Technology Internasional
15 Kyubi University Brawijaya Internasional
16 Maxpreneur Sampoerna School of Business Internasional
17 NetMedis Universitas Brawijaya Internasional
18 Senampagi ITB Internasional

Para Finalis akan mempresentasikan karya business modelnya pada hari jumat tgl 22 Pebruari 2013 dengan tim juri: Prof. Dr. Martani Huseini, Dr. Witono, Saka Purnama, MBA., Riyeke, dan Drs. Wilopo, MAB, Prof. Dr. Suharyono MA

 

 

SECOND EVENT

SEMINAR NASIONAL “CREATIVE BUSINESS FOR SHAPING THE FUTURE OF ASEAN”

Tujuan dari kegiatan Seminar Nasional ini antara lain:

  1. Mengetahui peran UMKM terhadap industri bisnis kreatif di Indonesia;
  2. Mengetahui peluang industri bisnis kreatif sebagai pilar ekonomi nasional;
  3. Mengetahui proses pemanfaatan ide dan kekayaan intelektual bagi UMKM sebagai dasar untuk memasuki industri bisnis kreatif;
  4. Mengetahui strategi yang dilakukan oleh pelaku bisnis kreatif untuk mencegah terjadinya pembajakan yang berpotensi untuk mematikan inovasi;
  5. Mengetahui langkah-langkah yang telah diambil oleh pemerintah untuk mendukung proses pemanfaatan ide dan kekayaan intelektual bagi UMKM sebagai dasar untuk memasuki industri bisnis kreatif.

 

Keynote Speaker & Title of Speech

Gita Wirjawan                      

PERAN INDUSTRI BISNIS KREATIF DI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PERDAGANGAN NASIONAL

  1. Mengetahui peran perdagangan nasional sebagai pilar ekonomi nasional;
  2. Mengetahui peluang dan tantangan dari industry bisnis kreatif untuk meningkatkan volume perdagangan nasional;
  3. Mengetahui strategi-strategi yang harus dilakukan untuk mengembangkan industry bisnis kreatif nasional.

 

SESI I

1.  Sapta Nirwandar (Wamen)

TANTANGAN DAN PELUANG BISNIS KREATIF DI ASEAN

  • Mengetahui peluang-peluang yang dihadapi oleh kreatif bisnis di kawasan ASEAN;
  • Mengetahui tantangan-tantangan yang dihadapi oleh kreatif bisnis di kawasan ASEAN;
  • Mengetahui langkah-langkah dan kebijakan yang telah diambil oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif untuk menghadapi peluang dan hambatan-hambatan industry bisnis kreatif di Indonesia.

 

2.  Dahlan Iskan

PROSPEK DAN PERAN INDUSTRI BISNIS KREATIF INDONESIA DI ASEAN

  • Mengetahui kondisi dan prospek industry bisnis kreatif di negara Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan ASEAN;
  • Mengetahui keterlibatan UMKM pada industry bisnis kreatif di Indonesia;
  • Mengetahui langkah-langkah dan kebijakan yang telah diambil oleh Pemerintah untuk meningkatkan entrepeneurship dalam upayanya menghadapi peluang dan hambatan-hambatan industry bisnis kreatif di Indonesia.

 

SESI II

1.  MartaniHusaini

PERMASALAHAN UMKM INDUSTRI BISNIS KREATIF DI INDONESIA

  • Mengetahui peran inovasi di dalam mendukung UMKM dalam industry bisnis kreatif;
  • Mengetahui permasalahan UMKM dalam industry bisnis kreatif untuk berinovasi;
  • Mengetahui solusi untuk meningkatkan kemampuan untuk berinovasi UMKM industry bisnis kreatif;
  • Mengetahui proses pemanfaatan ide dan kekayaan intelektual bagi UMKM sebagai dasar untuk berinovasi;
  • Mengetahui strategi yang dilakukan oleh UMKM industry bisnis kreatif untuk berhasil di dalam berinovasi.

 

2.  Fadel Muhammad

PERAN UMKM INDUSTRI BISNIS KREATIF UNTUK MEMBERDAYAKAN SUMBER DAYA EKONOMI LOKAL

  • Mengetahui peran UMKM terhadap industry bisnis kreatif untuk mendukung Pengembangan Ekonomi Lokal di Indonesia;
  • Mengetahui aplikasi dan strategi pengembangan ekonomi local sebagai upaya untuk memperkuat pilar ekonomi nasional;
  • Mengetahui langkah-langkah yang telah diambil oleh pemerintah untuk mendukung pengembangan ekonomi lokal yang berbasis pada UMKM industry bisnis kreatif;
  • Mengatahui strategi-strategi selanjutnya yang harus dilakukan untuk meningkatkan peran ekonomi lokal yang berbasis pada UMKM industry bisnis kreatif untuk meningkatkan perekonomian nasional.

Berita Terbaru

Artikel Lainnya

Dapatkan informasi terbaru dari Fakultas Ilmu Administrasi Univesitas Brawijaya