Mencari
Tutup kotak telusur ini.

Petakan Potensi UMKM Pra-Sejahtera, FIA Lakukan Pengabdian di UB Forest

Bagikan Ke:

Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya  (UB) tengah mengadakan pengabdian kepada masyarakat yang terletak di kawasan UB Forest, Karangploso, Kab. Malang. Diketuai oleh Edriana Pangestuti, SE, M.Si. DBA, tim pengabdian menilik permasalahan akan masih lemahnya perkembangan kapasitas dan kinerja pelaku UMKM Pra-Sejahtera  sehingga perlu dilakukan pembinaan.

“Selain itu, permasalahan yang terjadi adalah masih minimnya pelaku UMKM Pra-Sejahtera yang secara teratur menjalankan teknik-teknik pemasaran mikro pada usahanya. Ada juga terkait masih kurangnya pengetahuan pelaku UMKM Pra-Sejahtera dalam mendapatkan akses pasar yang lebih luas melalui media internet,” jelas Edriana.

Dalam pengabdiannya, tim mengupayakan beberapa hal, diantaranya pemetaan potensi pada UMKM diharapkan meningkatkan produktifitas dan menyokong perekonomian kecil, umumnya keluarga pra-sejahtera, pemetaan potensi akan memberikan pengetahuan sederhana mengenai teknik-teknik pemasaran mikro yang bisa dipakai oleh pelaku UMKM Pra-Sejahtera, Para pelaku UMKM Pra-Sejahtera bisa memiliki pasar yang lebih luas, sehingga terciptanya peluang untuk berkembang, hingga Pemetaan potensi dapat memberi kebanggaan akan produk lokal yang berasal dari pengusaha kecil, yang nantinya akan menjadi pembeda dari produk-produk di pasar.

Pengabdian Masyarakat FIA UB – Sosialisasi Kepada Peserta

“Mahasiswa juga diikutkan dalam pengabdian kali ini,” tambahnya.

Luaran dari pengabdian yang berlangsung dari Agustus hingga November 2018 ini adalah Masyarakat akan memiliki kapasitas secara berkelanjutan, memberikan kesempatan untuk tumbuh, serta mendapatkan peluang hidup yang lebih baik melalui kegiatan UMKM. Kegiatan ini juga berkontibusi pada peningkatan produktifitas dan menyokong perekonomian kecil (keluarga pra-sejahtera). Sehingga, muncul produk lokal yang berasal dari pengusaha kecil yang berasal dari potensi UB Forest.

Berita Terbaru

Artikel Lainnya

Dapatkan informasi terbaru dari Fakultas Ilmu Administrasi Univesitas Brawijaya