Struktur Mata Kuliah Administrasi Bisnis - Semester 5

Bagikan ke:

Profil Fakultas Ilmu Administrasi

Struktur Mata Kuliah

Mata kuliah Metode Penelitian ini didesain untuk memperluas dan memperdalam pemahaman tentang pendekatan dan metodologi penelitian yang berbeda untuk mempersiapkan mahasiswa untuk proyek penelitiannya sesuai dengan disiplin bisnis yang dipilih. Mata kuliah ini akan membantu siswa dalam mengidentifikasi, mendiskusikan dan merumuskan masalah penelitian, memilih dan menerapkan pendekatan praktis penelitian yang sesuai dan desain metode penelitian (baik kuantitatif atau kualitatif), serta strategi mempresentasikan hasil penelitiannya. Keberhasilan mata kuliah ini dapat ditunjukkan dari kemampuan mahasiswa melakukan proyek penelitiannya. Pembahasan diarahkan pada berbagai kaidah dan strategi dalam menyusun penelitian meliputi:

(1) Kemampuan memilih topik penelitian, melakukan penelitian awal dan mengembangkan rumusan masalah yang tepat,

(2) Kemampuan menyusun hipotesis yang sesuai dengan metode penelitian yang dipilih.

(3) mengembangkan tinjauan literatur dan metodologi penelitian berdasarkan topik yang dipilih, serta

(4) Kemampuan menggunakan berbagai strategi yang relevan dalam menyusun proposal penelitian ilmiah.

Mata kuliah Pengantar Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance) dirancang untuk membangun pemahaman dasar tentang struktur dan pengelolaan organisasi bisnis. Ini mencakup studi tentang prinsip-prinsip dan praktek tata kelola terbaik, meliputi tanggung jawab hukum dan etis dari pemegang saham, dewan direksi, dan manajemen eksekutif. Topik-topik yang ditelusuri meliputi struktur dan fungsi dewan direksi, hak-hak pemegang saham, konflik kepentingan, transparansi dan pelaporan perusahaan, pengawasan dan manajemen risiko, serta etika dan tanggung jawab sosial perusahaan. Diskusi juga dapat mencakup konsekuensi dari tata kelola perusahaan yang buruk, seperti skandal korporat dan kegagalan perusahaan. Tujuan utamanya adalah untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin bisnis yang efektif dan etis, yang memahami pentingnya penerapan kebijakan tata kelola yang baik untuk menciptakan nilai bagi semua pemangku kepentingan.

Bagikan ke: