Struktur Mata Kuliah Administrasi Bisnis - Semester 3

Bagikan ke:

Profil Fakultas Ilmu Administrasi

Course Structure

Mata kuliah Kepemimpinan merupakan mata kuliah wajib pada Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis sebagai upaya peningkatan pemahaman, sikap, dan kemampuan kepemimpinan dalam bisnis baik secara teori maupun praktek.

Mata kuliah ini membahas mengenai keberadaan teknologi informasi dan pengaruhnya terhadap kegiatan bisnis hingga internal organisasi saat ini.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib jurusan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman mendalam dan mengaplikasikan keterampilan mengenai akuntansi biaya pada perusahaan industri. Di dalamnya terdapat pemahaman tentang konsep dasar biaya dalam akuntansi, klasifikasi biaya, perilaku biaya, berbagai penerapan metode penentuan Harga Pokok Produk termasuk penentuan harga pokok produk bersama dan produk sampingan, variable costing, serta pemahaman mengenai biaya standar, harga transfer, serta analisis biaya pemasaran serta profitabilitas dalam entitas bisnis yang bergerak dalam bidang industri. Mata kuliah ini menekankan aspek pemahaman teoritis dan problem solving atas suatu permasalahan dengan menggunakan berbagai studi kasus.dalam suatu entitas bisnis yang bergerak dalam bidang manufaktur.

Mata Kuliah ini mempelajari dasar-dasar manajamen sumber daya manusia dalam organisasi yaitu perencanaan kebutuhan SDM, rekruitmen dan seleksi, penilaian kinerja, pelatihan dan pengembangan, fungsi pemeliharaan SDM, konsep keselamatan dan kesehatan kerja, konsep hubungan industrial dan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Mata kuliah Manajemen Keuangan merupapakan mata kuliah wajib di Prodi S1 Administasi Bisnis yang membahas tentang arti, fungsi dan penggolongan modal, fungsi manajer keuangan,  manajemen modal kerja, pengelolaan kas, pengelolaan piutang dagang, pengelolaan persediaan,  sumber  pembelanjaan  jangka  pendek, konsep matematik dalam ruang lingkup manajemen keuangan, pengelolaan aktiva tetap, teknik-teknik capital budgeting, capital rationing, unequal life dan capital budgeting under risk.

Mata kuliah strategi pemasaran merupakan mata kuliah pilihan di Universitas Brawijaya yang menekankan penjelasan dan diskusi tentang konsep, prinsip, dan teori pemasaran kepada mahasiswa.

Manajemen Operasional adalah mata kuliah yang didesain untuk memberikan mahasiswa gambaran lengkap dari sebuah aktivitas operasi sebuah organisasi. Lebih lanjut mata kuliah ini juga akan memberikan gambaran tentang hubungan Manajemen operasi dengan lingkungan sekitar.

Mata kuliah ini membahas kegiatan-kegiatan bisnis yang melibatkan dua atau lebih negara. Fokus bahasan ditujukan kepada definisi dan teori-teori bisnis internasional, pemain utama dalam aktivitas bisnis internasional, perspektif budaya, strategi internasionalisasi serta melihat peluang dan tantangan bisnis internasional di era masa depan.

Bagikan ke: