Mencari
Tutup kotak telusur ini.

Kembangkan Wawasan Internasional, Jurusan Administrasi Publik Selenggarakan International Internship Mahasiswa di Malaysia

Bagikan Ke:

Dengan akan berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2015 ini, wawasan mahasiswa sebagai agen perubahan di masa mendatang hendaknya tidak hanya terbatas pada lingkup nasional saja tetapi juga internasional, setidaknya di wilayah ASEAN. Hal inilah yang mendasari kerjasama strategis antara FIA UB dengan Universiti Utara Malaysia (UUM) dalam penyelenggaraan kegiatan bersama, salah satunya adalah Magang Internasional (International Internship). Untuk menandai dimulainya kegiatan tersebut, Jurusan Administrasi Publik kemarin (18/5) menyelenggarakan Farewell Ceremony untuk 17 orang mahasiswa Prodi S1 Ilmu Administrasi Publik yang akan melaksanakan program ini di kampus UUM selama dua minggu.

Dalam sambutan pembukanya, Direktur International Office UB Prof. Dr. Ir. Ifar Subagiyo, M.Agr.St menyampaikan bahwa tahun-tahun ini adalah masanya Universitas Brawijaya berkembang ke arah dunia internasional dengan melaksanakan kegiatan student exchange. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memperluas khazanah pengetahuan mahasiswa tentang dunia internasional sehingga ke depannya pihaknya akan terus mendukung penyelenggaraan program semacam ini. “Magang Internasional FIA ini adalah yang keempat di UB setelah Fakultas Peternakan yang bekerjasama dengan Australia, lalu FH dengan Ling Shing University, dan FIB dengan universitas di Jepang,” terangnya.

Direktur IO UB, Rektor UB, Dekan FIA, dan Kajur Administrasi Publik
Direktur IO UB, Rektor UB, Dekan FIA, dan Kajur Administrasi Publik

Sementara itu, Rektor UB Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri menyatakan pentingnya peningkatan daya saing sumber daya manusia UB di tingkat Asia, dan salah satu kegiatan yang dapat mewujudkan tujuan itu adalah magang internasional ini. Untuk itu ke depan pihaknya akan terus memperkuat keberadaan International Office agar akses kerjasama dengan dunia internasional makin mudah. “Kami memiliki visi UB harus mencapai daya saing Asia pada 2018 dan daya saing global pada 2025, sehingga dukungan seluruh program studi akan sangat berharga,” ujar guru besar Fakultas Teknik tersebut.

Tujuh belas mahasiswa peserta Magang Internasional
Tujuh belas mahasiswa peserta Magang Internasional

Kegiatan magang internasional ini adalah rangkaian kerjasama ketiga antara FIA UB dengan UUM. Sebelumnya, Jurusan Administrasi Publik telah mengadakan lima kali International Lecture dan lima kali International Seminar dengan mengundang dosen-dosen dari kedua kampus. Dijadwalkan pada Rabu, 20 Mei 2015 besok Dekan FIA UB Prof. Dr. Bambang Supriyono, MS akan mengisi International Lecture di kampus UUM. (ALA/DAY/FIA)

Berita Terbaru

Artikel Lainnya

Dapatkan informasi terbaru dari Fakultas Ilmu Administrasi Univesitas Brawijaya