Universitas Brawijaya Masuk Ranking THE by Subject 2021 di Bidang Business and Economics dan Bidang Social Science

Bagikan Ke:

The Times Higher Education atau THE World University Ranking kembali mempublikasikan pemeringkatan perguruan tinggi dunia dalam kategori subyek keilmuan. Dalam pemeringkatan yang diluncurkan oleh THE ini Universitas Brawijaya masuk dalam jajaran perguruang tinggi terbaik dunia diantaranya dalam subyek keilmuan bisnis dan ekonomika, dan subyek ilmu-ilmu sosial. Berdasarkan rilis yang dikeluarkan THE pada akhir Oktober 2020, Universitas Brawijaya menempati peringkat 601+ dunia pada subyek Business and Economics dan pada subyek social sciences. Dalam list bidang ilmu Business and Economics yang di dalamnya mencakup bidang keilmuan administrasi bisnis, akunting, manajemen, dan ekonomika, hanya ada enam perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan ini, dimana UB menempati peringkat ketiga dari keenam universitas di Indonesia tersebut setelah UGM dan UI pada ranking pertama dan kedua. Sementara pada subyek Social Sciences yang di dalamnya mencakup bidang kajian seperti ilmu komunikasi dan media, politik, development studies, international studies, sosiologi, antropologi dan geografi, hanya ada empat perguruan tinggi di Indonesaia yang masuk dalam pemeringkatan ini dimana UB menempati posisi kedua (601+) setelah UI yang menempati posisi pemeringkatan top 501-600. Kedua subyek keilmuan ini merupakan pilar utama keilmuan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang direfleksikan pada Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis dan Jurusan Ilmu Administrasi Publik.

Sebagaimana pemeringkatan THE World University Ranking, pemeringkatan by subject ini juga menggunakan indikator yang terbagi kedalam lima pilar yaitu  teaching, research, citations, international outlook, dan industry income; akan tetapi dengan menggunakan pembobotan khusus menyesuaikan bidang yang diranking. Capaian by subject oleh Universitas Brawijaya pada subyek Business and Economics dan subyek Social Sciences ini menunjukkan bahwa Fakultas Ilmu Ilmu Administrasi yang menaungi dua jurusan besar yaitu Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Administrasi Publik mempunyai bekal yang cukup baik untuk sejajar dengan perguruan tinggi besar di seluruh dunia. Peningkatan karya-karya publikasi yang banyak disitasi, meningkatkan Kerjasama dan branding internasional, serta kerjasama industri dapat membuat bidang-bidang di FIA UB akan semakin dikenal dan diakui secara internasional.

Melalui https://prasetya.ub.ac.id/  Rektor UB, Prof. Dr. Nuhfil Hanani, bersyukur dan mengapresiasi kerja keras seluruh civitas akademika UB atas capaian ini. Sementara itu Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Prof. Dr. Bambang Supriyono menyatakan bangga dengan pengakuan oleh THE ini dan berharap prestasi ini terus ditingkatan di masa mendatang.

“Puji syukur alhamdulillah, tentu kami di FIA UB berbahagia sekali atas pengakuan yang diberikan THE Magazine dalam pemeringkatan bidang keilmuan Business and Economics dan Social Sciences bagi Universitas Brawijaya, yang dalam kedua bidang tersebut kami mengembangkan kapasitas pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, publikasi ilmiah, dan kerjasama dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri, ujar dekan yang memiliki kepakaran di bidang Kebijakan Publik ini. “Ke depan kami akan terus meningkatkan prestasi dan diharapkan capaian ini dapat dilanjutkan dengan peningkatkan jumlah prodi terakreditasi internasional sehingga visi untuk dijadikan sebagai center of excellent pengembangan ilmu administrasi dapat diwujudkan.”

Berita Terbaru

Artikel Lainnya

Dapatkan informasi terbaru dari Fakultas Ilmu Administrasi Univesitas Brawijaya