Mencari
Tutup kotak telusur ini.

Alvin Adam: Seorang Public Speaker yang Baik Harus Punya ‘Roso’

Bagikan Ke:

Menjadi seorang public speaker itu sebenarnya mudah. Sama seperti Anda yang datang ke sebuah rumah makan baru, lalu menceritakan kepada teman Anda kelezatan makanan di sana pada keesokan harinya. Anda pun akan menceritakan pengalaman tersebut dengan penuh semangat dan dari hati yang tulus. 

Itulah sepenggal ilmu yang disampaikan oleh Alvin Adam, presenter talkshow “Just Alvin”, yang hadir pada kegiatan “Branding Yourself, Get Your Career” yang diselenggarakan oleh Laboratorium Kepemimpinan, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB). Selama kurang lebih 2 jam, Alvin membagikan ilmu dan pengalamannya sebagai presenter dan public speaker dalam kegiatan yang terselenggara atas kerjasama dengan Tabloid Bintang dan disponsori oleh Mustika Ratu tersebut.

Alvin Adam menyampaikan materi dengan gayanya yang khas

Menurut Alvin Adam, kemampuan komunikasi yang baik itu sebenarnya dimulai dari rasa empati. Maknanya, seseorang harus bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain saat berkomunikasi. Dengan kata lain, harus punya “roso“. Dengan demikian, ketika kita mendengarkan orang lain berbicara, kita harus mendengarkannya dengan sepenuh hati. “Dengarkan orang lain bicara, rasakan apa yang beliau rasakan, dan jangan bicara sebelum diminta untuk bicara,” pesan Alvin kepada sekitar 300 orang peserta yang hadir.

Sementara itu, Dekan FIA UB Prof Dr Bambang Supriyono MS dalam sambutannya menyampaikan bahwa kemampuan komunikasi ini mutlak dimiliki oleh seluruh mahasiswa dari jurusan apapun. Pihaknya mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini sebab dapat memberikan manfaat yang nyata dengan mendengarkan materi yang disampaikan oleh Alvin Adam. “FIA UB menginginkan mahasiswa tidak hanya cakap dalam kemampuan akademik, tapi juga kemampuan non-akademik atau softskills seperti public speaking,” ujar Dekan. 

 

Tim Liputan:

Artikel: Aulia Luqman Aziz

Foto: Laboratorium Kepemimpinan FIA UB

Berita Terbaru

Artikel Lainnya

Dapatkan informasi terbaru dari Fakultas Ilmu Administrasi Univesitas Brawijaya