Resume Kelas Metpen „Analisis Path“

Analisis Path

(Pemateri : Puspa Ratnanigrum S., 2012)

 

  • Path Analysis merupakan teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis hubungan sebab akibat yang inheren antar variabel yang disusun berdasarkan urutan temporer dengan menggunakan koefisien jalur sebagai besaran nilai dalam menentukan besarnya pengaruh variabel independen exogenous terhadap variabel dependen endogenous (Sarwono,2011)

 

  • Tujuan Path Analysis adalah untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung seperangkat independen terhadap variabel dependen. Tujuan penggunaan path analysis adalah untuk mencari besarnya pengaruh variabel-variabel eksogen terhadap variabel endogen secara gabungan maupun secara parsial, menguji kecocokan model berdasarkan data riset dengan teori yang ada, serta melakukan penguraian korelasi antar variabel dan melihat pengaruh yang terjadi.

 

  • Prinsip-prinsip Path Analysis :
  1. Adanya linearitas dan aditivitas yang berarti adanya hubungan variabel bersifat linear dan tidak ada efek interaksi.
  2. Data yang digunakan berskala interval dan semua variabel residual tidak berkorelasi dengan variabel dalam model penelitian.
  3. Variabel residual tidak boleh berkorelasi dengan variabel endogenous dan apabila dilanggar akan berakibat pada hasil regresi yang tidak tepat dalam estimasi parameter jalur dan terdapat multikolinieritas yang rendah.
  4. Adanya recursivitas yang berarti semua anak panah harus mempunyai satu arah dan model peneletian memiliki spesifikasi yang benar-benar menginterpretasikan koefisien jalur dan terdapat masukan korelasi yang sesuai
  5. Memiliki ukuran sampel yang memadai dengan saran penggunaan sampel minimal 100 agar diperoleh hasil analisis yang akurat dan signifikan.
  6. Perhitungan regresi dalam model akan membutuhkan sampel.

 

  • Model-model Path Analysis :
  1. Model regresi linier berganda
  2. Model mediasi melalui variabel perantara
  3. Model gabungan
  4. Model-model kompleks

 

  • Langkah-langkah penyelesaian kasus dengan Path Analysis :
  1. Membuat model diagram jalur didasarkan pada hubungan antar variabel yang sedang diteliti
  2. Membuat persamaan struktural
  3. Membuat desain variabel memasukkan data dan menganalisii menggunakan SPSS