Pendahuluan
Program Doktor Ilmu Administrasi (PDIA) mulai dibuka pada tahun 2001 dan telah meluluskan lebih dari 200 orang doktor, merupakan program studi lanjut tingkat doktor (S3) yang menyiapkan para lulusan program magister dari berbagai disiplin untuk menjadi doktor yang memiliki pengetahuan teoritik yang handal, ketrampilan penelitian yang mendalam serta kemampuan komunikasi akademik yang memadai di bidang administrasi publik dan bisnis. Pengalaman menyelenggarakan dan mengelola program doktor selama lebih dari 10 tahun, staf akademik yang mumpuni, tenaga pendidikan yang trampil dan ramah, program pendidikan yang di desain secara cermat, kurikulum yang selalu dirancang ulang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan ilmu serta dukungan fasilitas akademik dan non akademik yang memadai, merupakan keunggulan program ini.
Persyaratan Calon
Selain menerima calon yang memiliki ijazah magister ilmu administrasi.PDIA juga menerima mahasiswa yang memiliki ijazah magister dari berbagai disiplin ilmu terkait. Lulusan magister di luar bidang administrasi, wajib mengikuti program pendidikan pra doktor yang diselenggarakan oleh PDIA.
Program Pendidikan Pra Doktor
Calon yang diterima wajib mengikuti program pendidikan yang diselenggarakan oleh PDIA, kecuali lulusan program magister ilmu administrasi, yang menurut pertimbangan tim penilai memiliki prestasi akademik luar biasa. Mata kuliah dalam pendidikan pra doktor meliputi:
- Dasar-dasar Teori Administrasi
- Pengantar Kebijakan Publik
Beban dan Lama Studi
Beban studi 50 sks terdiri dari 22 sks teori dan disertasi 28 sks. Lama studi 3 tahun, maksimum 5 tahun (apabila sampai 5 tahun belum lulus dinyatakan gagal studi). Bagi lulusan S2 tak sebidang beban studinya 52 sks.
Daftar Ulang
Calon mahasiswa yang dinyatakan diterima wajib daftar ulang dengan cara:
- Melakukan daftar ulang secara online
- Memenuhi seluruh persyaratan yang dinyatakan dalam surat penerimaan
- Menandatangani surat pernyataan mentaati tata tertib
- Menyerahkan foto copy pembayaran pendidikan pra Doktor, SPFP dan SPP
- Menunjukkan ijazah S1 dan S2 asli
Seleksi dan Keputusan Penerimaan
Semua calon siswa yang memenuhi persyaratan administratif wajib mengikuti tes wawancara. Keputusan penerimaan akan dilakukan melalui rapat beberapa ahli/guru besar FIA UB. Keputusan rapat akan disampaikan kepada calon mahasiswa, dengan hasil:
- Diterima tanpa syarat
- Diterima dengan syarat
- Ditolak
Kurikulum
Sistem yang digunakan di PDIA FIA UB adalah sistem semester. Satu tahun akademik dibagi menjadi 2 semester. Satu semester berlangsung 16 minggu dan dimulai pada bulan septembar dan bulan februari. Kurikulum disusun untuk memungkinkan mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu
Mata Kuliah Wajib Program (WP)
No |
Mata Kuliah |
SKS |
Semester |
1 |
Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian |
3 |
I |
2 |
Teori Administrasi |
3 |
I |
Mata Kuliah Wajib Kekhususan (WM)
No |
Mata Kuliah |
SKS |
Semester |
1 |
Kepemimpinan Sektor Publik |
3 |
I |
2 |
Reformasi dan Inovasi Kebijakan Publik |
3 |
I |
Mata Kuliah Penunjang Disertasi (PD) Ilmu Adminstrasi Publik
N0 |
Mata Kuliah |
SKS |
Semester |
1 |
Sistem Administrasi Pemerintahan Lokal |
2 |
II |
2 |
Reformasi Administrasi dan Governance |
2 |
II |
3 |
Ekonomi Politik Kebijakan Publik |
2 |
II |
4 |
Manajemen Pelayanan Publik |
2 |
II |
5 |
Regulasi Administrasi di Negara-negara berkembang |
2 |
II |
Kegiatan Akhir
No |
Mata Kuliah |
SKS |
Semester |
1 |
Disertasi |
28 |
III-VI |
Fasilitas
PDIA FIA UB memiliki fasilitas akademik dan non akademik
- Para pengajar yang kompeten di bidangnya
- Ruang kuliah yang nyaman dan memadai
- Perpustakaan dengan koleksi yang memadai dan mutakhir, ruang baca yang representatif serta jurnal yang dapat diakses dari CD Rom dan internet (EBSCO)
- FASILITAS JARINGAN Wan, Lan dan internet
- Mushola dan fasilitas olahraga
- Tersedia beasiswa BPPS bagi tenaga dosen
Persyaratan Pendaftaran BPPS
- Mengisi formulir Pendaftaran BPPS dan pendaftaran online
- Salinan ijazah dan transkrip nilai S1 Dan S2 yang dilegalisir
- Salinan SK Pengangkatan PNS (dilegalisir rektor) atau Dosen Tetap Yayasan (dilegalisir kopertis)
- Salinan surat keterangan tentang Pangkat, Jabatan, golongan dan pentapan angka kredit (minimal: Asisten Ahli/III/angka kredit 100) yang dikeluarkan koordinator Kopertis Wilayah atas nama Mendiknas dan dilegalisir oleh Kopertis Wilayah bagi peserta yang berasal dari Kopertis/PTS
- Salinan Score TOEFL dan TPA OTTO Bappenas (dengan menunjukkan aslinya)
- Salinan KHS semester 1 dan 2 (bagi pelamar BPPS On-Going)
*semua persyaratan dibuat rangkar 2
Pesyaratan Pendaftaran
Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan dengan dilampiri:
- Foto terbaru berwarna ukuran 4×6 sebanyak 4(empat) lembar
- Salinan ijazah S1 dan S2 yang telah dilegalisir
- Salinan daftar nilai S1 dan S2 yang telah dilegalisir
- Surat rekomendasi dari 3 orang yang dianggap dapat memberikan penilaian kelayakan akademik
- Karya ilmiah setelah lulus magister
- Salinan Tesis program magister
- Rencana proposal disertasi
- Surat ijin belajar dari atasan, jika pelamar telah bekerja
- Surat keterangan tentang sumber dana
- Daftar riwayat hidup
- Surat keterangan kesehatan
- Salinan sertifikat TOEFL dan TPA OTTO-BAPPENAS
- Bukti Pembayaran biaya pendaftaran
*semua persyaratan rangkap 1 (satu) kecuali no. 7 rangkap 3, formulir pendaftaran dan formulir BPPS dapat di download di Webesite: www.fia.ub.ac.id email: fia@ub.ac.id
STAF PENGAJAR
Dosen Tetap
No. | Nama | ||
1. | Z.A Acmady | Prof. Drs., MPA | |
2. | Sumartono | Prof. Dr., MS | |
3. | Soesilo Zauhar | Prof. Dr., MS | |
4. | Agus Suryono | Prof. Dr., MS | |
5. | A. Yuli Andi Gani | Prof. Dr., MS | |
6. | M. Irfan Islamy | Prof. Drs., MPA | |
7. | Syamsiar Syamsuddin | Prof. Dr | |
8. | Abdul Hakim | Prof. Dr., MS | |
9. | Bambang Supriyono | Prof. Dr., Msi | |
10. | Imam Hanafi | Dr., MS | |
11. | Andi Fefta Wijaya | Drs., MDA.,Ph.D | |
12. | Mardiyono | Prof. Drs., MPA | |
13. | Siti Rocmah | Dr., MSi | |
14. | Hermawan | Dr., MSi | |
15. | Ratih Nur Pratiwi | Dr., MSi | |
16. | Sarwono | Dr., MSi | |
17. | Suryadi | Dr., MSi | |
18. | M.R. Khairul Muluk | Dr., MSi | |
19. | Luqman Hakim | Dr., Msc | |
20. | Irwan Noor | Dr., MSi | |
21. | Choirul Saleh | Dr., MSi | |
22. | Imam Hardjanto | Dr., Msi | |
23. | Tjahjanulin Domai | Dr., MS | |
24. | Bambang Santoso Haryono | Dr., MS |
Dosen Tidak Tetap
No | Nama | ||
1. | Azhar Kasim | Drs., MDA.,Ph.D | |
2. | Jacob Warella | Drs., MDA.,Ph.D | |
3. | Moechtar Mas’oed | Prof. Dr., MA | |
4. | Martani Husseini | Prof. Dr., MA | |
5. | Ichlasul Amal | Prof. Dr., MA | |
6. | Didik J. Rachbin | Prof.Dr., Msc | |
7. | Pratikno | Prof. M.Soc.Sc., Ph.D. | |
8. | Kausar AS | Dr. | |
9. | Asmawi Rewansyah | Prof.Dr., Msc | |
10. | Fadel Muhammad | Dr., Ir |
Jadwal Kegiatan Akademik S3 FIA UB T.A. 2012/2013 | |
A. Calon Penerima BPPS | |
1. Pendaftaran | 2 Januari – 25 April 2012 |
2. Seleksi Adminstrasi | 3 Januari – 26 April 2012 |
3. Seleksi Akademik/wawancara | Akhir bulan April 2012 |
4. Pengumuman Penerimaan | Awal bulan Mei 2012 |
5. Pengiriman usulan calon penerima BPPS | |
B. Calon dengan Biaya Sendiri/Instansi | |
1. Pendaftaran | 2 Januari – 24 Juni 2012 |
2. Seleksi Adminstrasi | 3 Januari – 25 Juni 2012 |
3. Seleksi Akademik | diadakan setiap bulan |
4. Pengumuman Penerimaan | 3 hari setelah wawancara |
Biaya Program S3 FIA UB T.A. 2012/2013 | |
A. Kelas Reguler 1 | |
1. Pendaftaran/wawancara | Rp. 1.000.000,00 |
2. SPP per Semester | Rp. 9.000.000,00 |
3. Pendidikan Pra Doktor* | Rp. 5.000.000,00 |
4. Dana SPFP** | Rp. 4.000.000,00 |
5. Biaya Ordik dan lain-lain** | Rp. 1.000.000,00 |
B. Kelas Reguler 2 | |
1. Pendaftaran/wawancara | Rp. 1.000.000,00 |
2. SPP per Semester | Rp. 13.500.000,00 |
3. Pendidikan Pra Doktor* | Rp. 6.000.000,00 |
4. Dana SPFP** | Rp. 5.500.000,00 |
5. Biaya Ordik dan lain-lain** | Rp. 1.000.000,00 |
C. Biaya lain-lain | |
1. TPA | Rp. 300.000,00 |
2. TOEFL | Rp. 400.000,00 |
*bagi yang dipersyaratkan | |
**dibayarkan 1 kali pada semester 1 | |
Biaya pendaftaran dapat dibayarkan melaluli rekening BNI No. 39649462 an. Rektor Unibraw