Mencari
Tutup kotak telusur ini.

Seminar Akademik Jurusan Administrasi Bisnis: UMKM, Is Small Still Beautiful?

Bagikan Ke:

Jurusan Administrasi Bisnis FIA UB kembali menggelar Seminar Akademik. Acara yang rutin diselenggarakan rutin setiap satu bulan sekali tersebut kemarin (14/4) menghadirkan Kholid Mawardi, Ph.D sebagai pemateri dan diikuti oleh seluruh dosen di lingkup Jurusan Administrasi Bisnis. Pada kesempatan itu, Kholid mengangkat judul presentasi “Is Small Still Beautiful?” untuk membahas permasalahan UMKM di Indonesia.

Menurut pria yang baru saja diangkat sebagai Sekretaris Prodi S1 Ilmu Administrasi Bisnis itu, tidaklah mudah untuk mengukur keberhasilan UMKM di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh karakter utama UMKM yang bersifat informal sehingga sulit mengejar kinerjanya secara obyektif. Menurutnya, ciri-ciri UMKM yang bersifat informal adalah keengganan pemilik usaha untuk menyusun laporan keuangan dan adanya persepsi yang berbeda tentang kinerja UMKM. “Solusinya adalah kita harus menggunakan penilaian subyektif yang juga cukup reliable karena memiliki hubungan convergent validity, discriminant validity, dan construct validity,” ungkapnya.

Ketua Jurusan Administrasi Bisnis Prof. Dr. Endang Siti Astuti, MS berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin untuk memberi kesempatan kepada para dosen untuk berbagi minat penelitiannya dan dosen lain yang menjadi pendengar untuk menambah khazanah keilmuannya. “Dosen-dosen yang hendak atau sedang studi S3 juga bisa menyampaikan proposal penelitiannya di sini untuk mendapatkan masukan-masukan dari sesama rekan dosen lainnya,” imbuhnya. (ALA/FIA)

Berita Terbaru

Artikel Lainnya

Dapatkan informasi terbaru dari Fakultas Ilmu Administrasi Univesitas Brawijaya