Mencari
Tutup kotak telusur ini.

Inovasi Sampah Antar Mahasiswa FIA Raih Gold Award Ajang Internasional

Bagikan Ke:

Prestasi membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB). Pasalnya, Regita Nurina Salsabila dari Program Studi Administrasi Publik 2016 berhasil meraih Gold Award dalam ajang International Invention & Innovation Competition yang diadakan di Malaysia, 20 Oktober 2018 melalui ide dalam berinovasi tentang sampah.

Menilik tentang Indonesia sebagai penghasil sampah plastik kedua terbesar di dunia, Regita bermaksud untuk membuat ionovasi guna mengurangi dampak dari hal tersebut dengan membuat sebuah platform sampahinaja.com. Bersama keempat temannya dari lintas jurusan di UB, Regita membuat konsep platformnya dengan menghubungkan antara pemulung dengan orang-orang yang hendak menjual sampahnya.

Regita Nurina Salsabila

“Platform kami berbasis techno socio preneur yang lebih memfokuskan kepada wirausaha dan bentuk pengabdian kepada masyarakat,” Jelas Rere, sapaan akrabnya.

Ia menambahkan bahwa kota tempat ia tinggal saat ini, yaitu Malang, sudah memiliki berbagai inovasi untuk menanggulangi dan memanfaatkan sampah. Namun, pemerintah berdalih untuk selalu menyemangati agara pemuda di Malang agar dapat berpikir kreatif terhadap permasalahan tersebut.

“Banyak dari orang2 memilih malang sebagai tempat singgahnya, dikarenakan untuk berkuliah maupun kerja. Jika tingkat pertumbuhan dari Malang bertambah, sampahpun juga,” Tukas Rere.

Walaupun sebuah platform, tim telah mendapat investasi dari salah satu perusahaan IT ternama di Indonesia berkat Gold Award kategori High Institutional – Science, Engineering and Technology yang mereka dapatkan pada ajang internasional tersebut.

“Semoga sampahinaja.com bisa jadi platform yang dapat memberikan banyak manfaat untuk lingkungan dan bisa mengurangi tingkat produktivitas sampah di Indonesia,” Tambah Rere kepada tim PSIK FIA UB.

Berita Terbaru

Artikel Lainnya

Dapatkan informasi terbaru dari Fakultas Ilmu Administrasi Univesitas Brawijaya