Mencari
Tutup kotak telusur ini.

Dua Mahasiswa FIA UB Raih Juara I dalam Lomba Forum Komunitas Masyarakat Sadar Arsip 2015

Bagikan Ke:

Dua orang mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB), Arwin Anindyka dan Erlangga Setiya Budi, berhasil merengkuh gelar Juara I dalam “Lomba Forum Komunitas Masyarakat Sadar Arsip berbasis Mahasiswa 2015”. Dalam gelaran lomba yang diselenggarakan setiap tahun oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Jawa Timur itu keduanya yang tercatat sebagai mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan itu berhasil menyingkirkan dua belas tim lain dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Timur. Berbagai rancangan program yang mereka usung untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya kearsipan berhasil mencuri perhatian dewan juri dalam babak presentasi yang dihelat pada 7-8 September 2015 kemarin di Surabaya. Atas prestasi itu, mereka berhak membawa pulang hadiah utama berupa uang tunai sebesar Rp 7,5 Juta.

Bersama dua orang rekannya dari Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) UB, Arwin dan Erlangga membentuk tim sosialisasi yang bernama Tim Forum Komunitas Masyarakat Sadar Arsip (FKMSA) UB. Selama lima bulan, sejak bulan April hingga babak presentasi kemarin, mereka bekerja keras untuk menyusun program-program yang bertujuan mengingatkan masyarakat akan pentingnya kearsipan dengan mengusung slogan “Keeping Records, Keeping Our Lives”. Di antaranya adalah dengan terjun langsung ke lapangan dengan membagikan selebaran tentang kearsipan di dalam rumah tangga di pusat-pusat keramaian. Tak cukup di situ, tim ini pun berhasil menarik perhatian masyarakat lewat Lomba Masyarakat Sadar Arsip. Lomba ini terbuka untuk umum pada 7-21 Agustus 2015 dan memanfaatkan media sosial Facebook melalui alamat http://facebook.com/komunitassadararsip dalam penyelenggaraannya.

Tim FKMSA UB bersama tim ahli Muhammad Rosyihan Hendrawan (kiri) dan Muhammad Tanzil Furqon (kanan)
Tim FKMSA UB bersama tim ahli Muhammad Rosyihan Hendrawan (kiri) dan Muhammad Tanzil Furqon (kanan)

Namun, di antara program-program tersebut, program pembuatan aplikasi kearsipan untuk rumah tangga dengan berbasis web menarik perhatian dewan juri yang terdiri dari kalangan akademisi dan praktisi di bidang kearsipan. Dengan mengakses alamat , masyarakat dapat menyimpan segala arsip rumah tangga, sehingga masyarakat tak perlu khawatir kehilangan dokumen-dokumen penting di dalam rumah tangga.

Selama penyusunan dan pelaksanaan program-program tersebut, tim FKMSA UB dibimbing langsung oleh tim ahli dari Unit Kearsipan Universitas Brawijaya (UK UB), yaitu Dr. Hamidah Nayati Utami, M.Si., Muhammad Rosyihan Hendrawan, M.Hum, dan Muhammad Tanzil Furqon, M.Comp.Sc. Tak ayal, prestasi ini menjadi salah satu persembahan UK UB di awal-awal masa berdirinya dalam membangun suatu sistem kearsipan universitas yang rapi dan terencana dengan baik.

 

Tim Liputan

Artikel: Aulia Luqman Aziz/Muhammad Rosyihan Hendrawan

Foto: Tim FKMSA UB for FIA UB

 

Berita Terbaru

Artikel Lainnya

Dapatkan informasi terbaru dari Fakultas Ilmu Administrasi Univesitas Brawijaya