Mencari
Tutup kotak telusur ini.

Andriani Kusumawati Terpilih Ikuti Program SAME di Australia

Bagikan Ke:

Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) Andriani Kusumawati SSos MSi DBA berhasil mendapat hibah program Scheme for Academic Mobility and Exchange (SAME) 2016 dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Dari 84 orang pendaftar se-Indonesia, yang 9 orang diantaranya pendaftar dari UB, Andriani berhasil terpilih setelah melalui berbagai tahapan seleksi dan kompetisi yang ketat sejak bulan Juni hingga Agustus 2016 lalu. Berkat kerja kerasnya, dosen Jurusan Administrasi Bisnis itu terpilih sebagai satu-satunya peserta dari UB yang lolos mengikuti program SAME. Andriani akan melakukan berbagai aktivitas terkait dengan penelitian dan publikasi karya ilmiah di Australia selama tiga bulan bersama 6 orang peserta terpilih yang semuanya merupakan dosen se-Indonesia.

Andriani Kusumawati bersama Dekan School of Accounting, Economics & Finance University of Wollongong
Andriani Kusumawati bersama Dekan School of Accounting, Economics & Finance University of Wollongong

Terpilihnya Andriani dalam program tersebut juga tidak terlepas dengan adanya nota kesepahaman antara Universitas Brawijaya dan University of Wollongong (Australia) tentang pengembangan kualitas sumber daya manusia. Awalnya, Andriani berniat mengikuti program SAME tersebut setelah mendapatkan undangan untuk melakukan kolaborasi riset dan publikasi dengan mitra dosen dari School of Accounting, Economics and Finance (SAEF), Faculty of Business, University of Wollongong. Selain itu, program kegiatan yang diajukan Andriani tersebut dianggap relevan dan menguntungkan kedua belah institusi yang bermitra, yaitu Universitas Brawijaya dan University of Wollongong, dalam rangka peningkatan kualifikasi publikasi internasional sebagai sasaran utama program SAME ini.

Dalam kegiatan SAME ini, Andriani yang juga mendapatkan gelar Doctor of Business Administration (DBA) dari University of Wollongong pada tahun 2013 lalu, menargetkan untuk menghasilkan dua publikasi ilmiah seputar hasil riset yang pernah dilakukan tentang pemasaran dan perilaku konsumen di pendidikan tinggi. Sebagai visiting fellow dalam kegiatan ini, Andriani juga berkesempatan mengikuti berbagai kegiatan akademik lainnya seperti seminar series maupun diskusi ilmiah yang diselenggarakan oleh universitas mitra. Selain itu, Andriani juga turut serta dalam aktivitas bersama Perhimpunan Pelajar Indonesia-Australia (PPIA) setempat.

Andriani Kusumawati bersama PPIA Wollongong
Andriani Kusumawati bersama PPIA Wollongong

Dengan mengikuti program ini, selain untuk meningkatkan kapasitas dirinya, Andriani juga berkesempatan menawarkan program kerjasama untuk mengundang dosen dari Faculty of Business, University of Wollongong sebagai guest lecturer di FIA UB. Kerjasama antara dua institusi ini diharapkan semakin memberi kesempatan kedua belah pihak untuk memperluas kerjasama yang lainnya, sekaligus mendukung visi dan misi UB menuju reputasi internasional.

 

Tim Liputan:

Artikel: Andriani Kusumawati

Penyunting: Aulia Luqman Aziz

Foto: Andriani Kusumawati

Berita Terbaru

Artikel Lainnya

Dapatkan informasi terbaru dari Fakultas Ilmu Administrasi Univesitas Brawijaya