Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen FIA UB

Bagikan Ke:

Tim Dosen FIA UB Berkolaborasi dengan Mahasiswa Memberikan Sosialisasi dan Workshop Digitalisasi Arsip Dinamis Kepada Pegawai Kantor Desa

Doc. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Tema Bina Arsip

Malang – Tegalweru. Dalam sebuah upaya nyata untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat, Tim Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) telah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Tegalweru, Malang. Tim ini dipimpin oleh Dr. Drs. M. Shobaruddin, MA, sebagai Ketua, dan didukung oleh anggota tim, yaitu Asti Amelia Novita, Ph.D, Rispa Ngindana, MAP, dan Endry Putra, M.I.Kom.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Tegalweru pada tanggal 3 Mei dan 8 Juni 2023, mencakup dua sesi untuk memberikan dampak yang lebih luas kepada masyarakat setempat umumnya, dan kepada pengelola kantor desa khususnya. Tema yang diangkat oleh tim dosen FIA UB kali ini adalah Bina Arsip dengan judul kegiatan “Digitalisasi Arsip Dinamis Untuk Pengelolaan Arsip Desa yang Efektif dan Efisien.” Hal ini mencerminkan kesadaran akan pentingnya pemahaman dan pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan efisiensi pengelolaan arsip di tingkat desa.

Tidak hanya melibatkan tim dosen, kegiatan ini juga berhasil menjalin kolaborasi yang baik dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan (HMPIP) FIA UB yang dikoordinatori oleh Fitria Ramadahani. Kolaborasi ini menunjukkan sinergi antara para akademisi dan mahasiswa dalam mewujudkan kegiatan bermanfaat bagi masyarakat.

Doc. Evaluasi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema Bina Arsip di Kantor Desa Tegalweru, Malang

Selama kegiatan berlangsung, tim dari FIA UB mendapatkan dukungan dan pendampingan dari Bapak Budi Santoso selaku Kepala Desa dan Bapak Dian selaku Ka-Ur Perencanaan di Kantor Desa Tegalweru. Pak Dian menyatakan bahwa kegiatan ini sangat membantu proses pengarsipan di kantor desa karena masih banyak berkas dan dokumen yang belum mengalami proses digitalisasi. Beliau juga menambahkan harapan agar kolaborasi semacam ini dapat berlanjut di masa depan, membawa manfaat yang berkelanjutan bagi pengelolaan arsip di desa.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bukan hanya menciptakan solusi konkret dalam hal pengelolaan arsip, tetapi juga memperkuat hubungan antara perguruan tinggi dan masyarakat. Semoga hasil dari kegiatan ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan dan menjadi inspirasi bagi inisiatif serupa di tempat lain. (EP)

Berita Terbaru

Artikel Lainnya

Dapatkan informasi terbaru dari Fakultas Ilmu Administrasi Univesitas Brawijaya