SeshaID Prestasi Alumni Ksatria Pustaka UB

Bagikan Ke:

Halaman awal mesin pencari SeshaID

Keluarga Program Studi Ilmu Perpustakaan FIA UB pada kesempatan kali ini kembali berbangga, karena alumni Ksatria Pustaka ini mampu mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah menjadi sebuah manfaat bagi masyarakat luas. Bentuk implementasi keilmuan yang dilakukan yaitu dengan membuat sebuah mesin pencarian yang bersifat edukatif dengan mendukung pelestarian warisan budaya Indonesia. Melalui karya mereka tersebut memiliki nama publik yaitu SeshaID yang dikembangkan oleh satu tim dari ksatria pustaka dengan anggota Afib Rif’an Nashruddin, Erlangga Setiya Budi, dan Reyhan Kamil.

Inovasi mesin pencarian ini berawal dari tahun 2017 dengan sebuah harapan memiliki sebuah mesin pencari dengan nilai edukatif di dalamnya. Melalui mimpi itulah ketiga alumni ksatria pustaka memulai perjalannya dengan berbagai riset panjang. Akhirnya mimpi yang mereka harapkan terwujud pada 21 Juni 2021 dengan dirilisnya SeshaID ke publik. Melalui SeshaID mereka memiliki visi “education” yang memiliki arti setiap informasi memiliki nilai edukatif dan terorganisir dari sumber yang dapat dipercaya, sehingga dapat digunakan bagi semua kalangan. Keunikan yang dimiliki oleh SeshaID yaitu adanya sebuah informasi utama tentang budaya Indonesia, tentunya hal ini berbeda dari Google Doodle yang umum dijumpai. Selain mesin pencari SeshaID sebagai rujukan mencari informasi, alumni ksatria pustaka inijuga mengembangkan sebuah layanan lain yang diturunkan dari SeshaID. Layanan turunan yang dimaksud oleh Afib yaitu OneGLAM sebagai salah satu hosting untuk melayani infrastruktur teknologi pada Gallery, Library, Archive, and Museums.

Afib, Erlangga, dan Rayhan sebagai sebuah tim solid alumni Ilmu Perpustakaan FIA UB, memiliki tujuan bersama melalui SeshaID yaitu memberikan layanan informasi yang berkualitas dan dapat dipertanggung jawabkan. Selain itu mereka mengharapkan SeshaID ini mampu dimanfaatkan oleh berbagai kalangan tanpa adanya batasan jenjang dan usia. Keluarga Besar Ilmu Perpustakaan merasa bangga dengan alumni yang mampu berinovasi serta mengimplementasikan ilmunya dan membawa beragam manfaat bagi masyarakat.

Berita Terbaru

Artikel Lainnya

Dapatkan informasi terbaru dari Fakultas Ilmu Administrasi Univesitas Brawijaya