SELF (STUDENT CONFERENCE FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT) XIII 2016

self_iconself

STUDENT CONFERENCE FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT
“SELF XIII 2016”

PENGOPTIMALAN SUMBER DAYA YANG ADIL DAN SEIMBANG UNTUK KESEJAHTERAAN RAKYAT INDONESIA

I. LATAR BELAKANG
Masyarakat hidup dengan segala potensi Sumber Daya Alam yang ada dan memadai. Sumber Daya yang ada tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kondisi perekonomian rakyat apabila mereka mampu mengolah dan menggunakan sumber daya tersebut. Salah satu sumber daya yang cukup berpotensi dalam meningkatkan taraf perekonomian rakyat adalah sumber daya alam. Manusia hidup berdampingan dengan alam, banyak potensi-potensi yang tersedia di alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam pemenuhan kebutuhannya dan meningkatkan taraf hidup dan perekonomian rakyat. Sumber daya alam tersebut dapat didapatkan di sekitar kehidupan manusia baik dari udara, dari permukaan bumi maupun dari dalam bumi. Didukung lagi dengan wilayah Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang dapat dipastikan banyal sumber daya alam yang tersedia disetiap wilayahnya. Sumber daya manusia merupakan salah satu potensi pembangunan yang berasal dari unsur manusia dengan segala aktifitasnya. Sumber daya manusia juga dapat dikatakan sebagai sumber daya yang berasal dari manusia yang berperan sebagai faktor produksi. Soeroto (dalam Soetomo, 2012:193), dalam tinjauan yang lebih ekonomis, sumber daya manusia dimaksudkan sebagai semua kegiatan manusia yang produktif dan semua potensinya untuk memberikan sumbangan yang produktif kepada masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, kami Kelompok Studi Ekonomi Islam ICON! mengadakan kegiatan SELF XIII KSEI ICON! 2016 yang bertemakan Pengoptimalan Sumber Daya Yang Adil Dan Seimbang Untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia“
KSEI ICON! ingin mengoptimalisasikan berbagai sumber daya alam maupun sumber daya manusia untuk mengembangkan berbagai jenis usaha yang berbasis syari’ah dalam upaya mengisi pembangunan nasional melalui pengadaan usaha yang berbasis syari’ah sebagai pedoman dasar yang sempurna dan menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syari’ah di dunia. Karena aplikasi ekonomi Islam bukanlah untuk kepentingan umat Islam saja, sebab ekonomi Islam yang konsen pada penegakan prinsip keadilan dan membawa rahmat untuk semua orang.

II. SUB-TEMA
1. Kelautan
2. Agro
3. Pariwisata
4. Industri Kreatif
5. Sosial dan Politik

III. PERSYARATAN LOMBA
1. Student Conference for Suistanable Development (SCSD) ini terbuka untuk seluruh mahasiswa aktif Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang ada di Indonesia dari berbagai macam disiplin ilmu.
2. Peserta yang terdaftar dalam satu tim terdiri dari 2 sampai 3 orang di jenjang Diploma/Strata 1. Peserta diizinkan berasal dari Fakultas lain, namun tetap berada dalam Universitas yang sama.
3. Mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran (terlampir) beserta scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) ke self.kseiiconudayana@gmail.com dan melakukan konfirmasi SMS format: SCSD_Nama Ketua,Anggota 1, Anggota 2_Asal Perguruan Tinggi_Subtema ke 089606260810 (Faqihuddin Shalih) paling lambat 13 Maret 2016. Ex.: SCSD_Tuan A,Tuan B,Nyonya C_Universitas Udayana_Industri Kreatif
4. Satu tim hanya diperbolehkan mengirim satu karya sesuai dengan subtema yang dipilih. Karya yang dikirim harus original, belum pernah dimuat dan belum pernah dilombakan.
5. Peserta harus mengirimkan softcopy dan hardcopy paling lambat 26 Maret 2016.
6. Karya tulis akan diseleksi untuk menentukan 7 Terbaik dari masing-masing Subtema dalam rangkaian acara konferensi.
7. Peserta yang telah lolos Seleksi Paper karya wajib mengikuti rangkaian acara Sharia Economic Learning Forum (SELF) XIII 2016 yang berlangsung dari 12 Mei – 15 Mei 2016.
8. Teknis awal SCSD dengan melakukan presentasi karya ilmiah yang dibuat peserta lalu Focus Group Discussion (FGD) yang dilanjutkan dengan Conference. Pada hari ketiga peserta akan melaksanakan Field Trip satu hari penuh dilanjutkan pada hari keempat mengikuti Seminar Nasional.

IV. FORMAT PENULISAN
1. Karya ditulis dengan batas minimal 15 halaman dan batas maksimal 30 halaman sudah termasuk cover dan biodata.
2. Menggunakan Bahasa Indonesia baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, dan tidak menggunakan singkatan.
3. Karya tulis diketik 1,5 spasi pada kertas berukuran A4 (font 12, Times New Roman)
4. Batas pengetikan :  Samping kiri 4 cm  Samping kanan 3 cm  Batas atas 3 cm dan bawah 3 cm Seluruh karya ilmiah yang akan diseleksi harus mengikuti standar penulisan karya ilmiah yang berlaku.
Adapun struktur penulisan karya ilmiah tersebut antara lain:
Halaman Judul
Lembar Pengesahan (jika diperlukan)
Daftar isi,Daftar Gambar dan Daftar Tabel
Abstrak
I. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
1.2. Rumusan Masalah
1.3. Tujuan
1.4. Manfaat Penulisan
II. Landasan Teori
III. Metode Penelitian
IV. Pembahasan
V. Penutup
5.1.Simpulan
5.2.Saran
Daftar Pustaka
Lampiran
Daftar Riwayat Hidup Penulis (terlampir), Curriculum Vitae yang wajib disertai dengan alamat lengkap, alamat email, nomor telepon yang bisa dihubungi dan foto 3×4 yang ditempelkan pada Curriculum Vitae peserta.
Untuk Cover :  Judul karya dibuat dengan font Times New Roman Bold size 20 – Nama penulis dibuat dengan font Times New Roman Bold size 16  Lambang universitas (mahasiswa) diletakkan setelah judul karya. 
Ketentuan warna cover untuk tiap – tiap subtema:
– Kelautan = Biru Muda
– Agro = Hijau
– Pariwisata = Kuning
– Industri Kreatif = Orange
– Sosial dan Politik = Merah

V. PENGIRIMAN KARYA
Peserta harus mengirimkan softcopy ke self.kseiiconudayana@gmail.com dan 3 hardcopy paling lambat cap pos 26 Maret 2016
Format nama file yang dikirim melalui email sebagai berikut :
“Nama Ketua Tim_Asal Perguruan Tinggi_Sub-Tema_Judul Karya Tulis”
Alamat Pengiriman a.n. Andika Djunaidi Putra
JALAN WARINGIN NO. 65 TUBAN,KECAMATAN KUTA,KABUPATEN BADUNG, BALI, 80361

VI. KRITERIA PENILAIAN
1. Keaslian karya dan pemilihan judul
2. Kesesuaian tema
3. Ketajaman analisa
4. Kreativitas
5. Implementasi dalam dunia nyata (Hasil keputusan juri tidak dapat diganggu gugat)

VII. KETENTUAN PESERTA FINALIS
1. Konfirmasi keikutsertaan dilakukan paling lambat tanggal 23 April 2016
2. Membawa kelengkapan administrasi antara lain:
Fotokopi bukti pembayaran biaya kontribusi peserta 
Kartu Tanda Mahasiswa
3. Kontribusi panitia hanya menyangkut akomodasi berupa penginapan,konsumsi, dan transportasi selama kegiatan SELF XIII 2016.
Alamat Pengiriman a.n. Andika Djunaidi Putra
JALAN WARINGIN NO. 65 TUBAN,KECAMATAN KUTA,KABUPATEN BADUNG, BALI, 80361
4. Selama kegiatan berlangsung peserta diwajibkan memakai sepatu, almamater, serta berpakaian sopan dan rapi.
5. Kedatangan peserta akan dijemput di beberapa tempat, yaitu:  Bandar Ngurah Rai Bali  Terminal Ubung Bali (Kedatangan di luar tempat di atas bukan menjadi tanggung jawab panitia) Penginapan disediakan selama 4 hari 3 malam mulai tanggal 12 Mei 2016 sampai dengan 15 Mei 2016. Panitia tidak menyiapkan akomodasi diluar dari tanggal dan jam yang telah ditetapkan.
6. Peserta yang tidak memberikan konfirmasi kedatangan sampai batas akhir yang ditentukan,akan digantikan dengan peserta lain.
7. Peserta yang lolos seleksi karya ilmiah wajib membayar akomodasi sebesar Rp 500.000,00 per orang. REKENING MANDIRI 900-00-3497493-2 A.N. NAUQI ASSIDIQIAH AMRY

VIII. HADIAH 
Juara diambil satu tim dari setiap sub tema. Tim tersebut berhak mendapatkan trophy,sertifikat,dan uang tunai sebesar Rp 2.000.000,-  Best Delegate dipilih untuk satu orang.
Pemenang berhak mendapatkan trophy,sertifikat,dan uang tunai sebesar Rp 1.000.000,-

IX. TIMELINE LOMBA
Pendaftaran : 1 Februari – 13 Maret 2016 
Batas akhir pengumpulan karya : 26 Maret 2016 
Pengumuman seleksi karya : 11 April 2016 
Konfirmasi keikutsertaan peserta : 23 April 2016
Technical Meeting : 12 Mei 2016 
Presentasi,FGD,Conference : 13 Mei 2016 
Field Trip : 14 Mei 2016 
Seminar Nasional,Pemberian hadiah, dan pelepasan peserta: 15 Mei 2016

More info, silakan buka http://www.selficonudayana.co.vu/
klik disini untuk unduh formulir

Veröffentlicht in Info Lomba, Penulisan, Uncategorized.