Resume Kelas Infografis Photoshop

Selamat pagi keluarga RSC, bagi temen-temen yang kemarin tidak mengikuti kelas infografis photoshop, berikut resumenya yaa, selamat membaca…

Infografis berasal dari kata Infographics dalam Bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari Information + Graphics, sehingga pengertian Infografis adalah suatu bentuk penyajian data dengan konsep visual yang terdiri dari teks dengan tambahan gambar-gambar ilustrasi yang menarik. Proses pembuatan infografis biasa disebut dengan beberapa istilah yang berbeda seperti data visualization, information design dan information architecture. Secara umum hasil akhir dari sebuah infografis mempunyai prosentase gambar visual yang lebih banyak dibandingkan informasi teks.Tujuan infografis sendiri digunakan untuk memudahkan pembaca dalam membaca isi konten yang dimaksud secara lebih efektif dan efisien.
Jenis-Jenis Infografis
1.Infografis Statis
Infografis statis adalah infografis dalam bentuk gambar yang tidak bergerak. Seperti misalnya infografis pada media cetak ataupun website. Infografis ini adalah jenis infografis yang paling umum. Hampir semua infografis yang kami buat di awal adalah bentuk infografis statis
2.Infografis Animasi
Infografis animasi atau animated infographic adalah infografis dalam bentuk video animasi, baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. Infografis ini dapat digunakan pada televisi ataupun media online seperti YouTube atau Vimeo. Infografis animasi dapat lebih menarik karena selain elemen visual juga menggunakan motion (pergerakan) dan audio (musik/sound effect) yang dapat memperkuat informasi/pesan yang ingin disampaikan.

3.Infografis Interaktif
Infografis interaktif adalah infografis yang ditampilkan pada website dan pengguna dapat berinteraksi dengan informasi yang ditampilkan melalui user interface yang telah di-desain.
Pada kelas infografis yang pertama ini menggunakan aplikasi photoshop dengan jenis infografis statis dalam menyajikan sebuah informasi yang berupa teks kemudian dirubah menjadi bentuk gambar dengan menggunakan aplikasi photoshop itu sendiri. Penggunaan photoshop pada infografis ini disebabkan aplikasi ini dinilai paling tepat sebagai penyampaian informasi yang berupa gambar atau ilustrasi untuk memudahkan pembaca, selain itu juga penggunaannya dinilai paling mudah dan cepat untuk mengcreated konten gambar dari infografis.

Veröffentlicht in Info Kegiatan, IT Support, Pelatihan Software, Pustek.