Kunjungan Asesor IACBE ke Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Bagikan Ke:

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan mencapai akreditasi internasional, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) hari ini menerima kunjungan dari asesor IACBE (International Accreditation Council for Business Education). Kunjungan ini direncanakan berlangsung selama dua hari, yaitu dari tanggal 18 hingga 19 September 2023. Ada Dua asesor IACBE yang datang ke Fakultas Ilmu Administrasi, yaitu Jorge Cardenas  dan Richard Kido. Jorge Cardenas adalah dosen dari Forbes School of Business and Technology USA dan menjabat sebagai Chair of Board of Director IACBE, Richard Kido adalah dosen dari Chaminade University USA.

Akreditasi dilakukan oleh adalah asesor IACBE terhadap Departemen Administrasi Bisnis, yang didalamnya terdapat program studi:
1. Sarjana Administrasi Bisnis (S1)
2. Sarjana Perpajakan (S1)
3. Sarjana Pariwisata (S1)
4. Magister Administrasi Bisnis (S2)
5. Program Doktor Ilmu Administrasi (S3)

Kegiatan visitasi dimulai pukul 09.00 dengan kedatangan kedua asesor di kampus FIA UB. Agenda pertama adalah diskusi mengenai protokol dan rencana kunjungan. Agenda ini dilakukan selama 30 menit dan dilanjutkan dengan diskusi intensif yang melibatkan unit bisnis dan para pimpinan, antara lain Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, M.P., Wakil Rektor bidang keuangan dan sumber daya , Dr. M. Ali Safaat, SH., MH, Dekan FIA UB, Prof. Drs. Andy Fefta Wijaya, MDA., Ph.D, Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Sumber Daya, Dr. Muhammad Faisal Riza, S.Sos, M.Si., dan Wakil Dekan Bidang Akademik, Arik Prasetya, S.Sos, M.Si, Ph.D. Diskusi ini dilakukan secara tertutup dan berakhir hingga pukul 10.10. Agenda berlanjut dengan diskusi bersama tim manajemen Departemen Administrasi Bisnis dan tiga program studi di bawahnya yaitu PS Administrasi Bisnis, Program studi pariwisata dan Program Studi Perpajakan. Topik-topik penting seperti rencana strategis departemen, evaluasi kualitas pembelajaran, dan kurikulum menjadi sorotan dalam diskusi ini.

Pasca ishoma, diskusi dilanjutkan dengan fokus pada layanan dan sumber daya yang tersedia bagi mahasiswa. Diskusi ini melibatkan beberapa stakeholder kampus, yaitu perwakilan dari perpustakaan Universitas Brawijaya (Dr. Iwan Permadi, SH. M.Hum.dan  Cuikitalia SE., M.M,) Wakil dekan  bidang kemahasiswaan  (Dr. M. Rozikin, Dr, M.Si), Ketua Pengembangan Karir dan Alumni (Karuniawan Puji Wicaksono, S.P., M.P., Ph.D), Pusat Layanan Disabilitas (Zubaidah Ningsih AS., S.Si., M.Phil., Ph.D ), dan  Direktur Utama Badan Pengelola Usaha (BPU) UB (Dr Sihabudin SH MH dan Chanastalia, S.S). Pada diskusi ini dijelaskan tentang fasilitas-fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa, antara lain seperti pelayanan perpustakaan, Kesehatan, asrama mahasiswa, kantin, sarana dan prasarana olahraga, dan juga berbagai fasilitas untuk penyandang disabilitas. Setelah agenda ini dilakukan sesi diskusi antara asesor dengan perwakilan mahasiswa dan alumni. Diskusi ini dilakukan untuk mendapatkan perspektif dari pengguna layanan pendidikan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas brawijaya. Agenda hari ini ditutup dengan diskusi dengan  tim teaching. Pada diskusi kali ini dibahas tentang kurikulum, evaluasi pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, pelaksanaan program international.

Kunjungan IACBE ke Universitas Brawijaya menandakan komitmen UB dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan berupaya mendapatkan akreditasi internasional. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan UB dapat memperoleh masukan berharga untuk perbaikan dan inovasi di masa depan, sejalan dengan visi universitas untuk menjadi institusi pendidikan terkemuka di tingkat global.

Berita Terbaru

Artikel Lainnya

Dapatkan informasi terbaru dari Fakultas Ilmu Administrasi Univesitas Brawijaya