Review Pemfasilitasan Diskusi (10 Desember 2014)

Tema               : Budaya Bangsa

Penyaji                        : Mas Sony, Mas Nasrun Faisal

Pengantar      :

Budaya merupakan suatu adat istiadat atau kebiasaan yang menjadikan ciri khas dari suatu daerah. Untuk istilah kebudayaan dapat diartikan culture (bahasa inggris) berasal dari kata corele (kata kerja bahasa latin). Cultivation atau kultivasi yang berarti pemeliharaan ternak, hasil bumi, dan upacara-upacara religius yang darinya diturunkan istilah kultus atau “cult”. Dalam bahasa Indonesia budaya berasal dari kata buddhaya (bahasa sansekerta), yaitu bentuk jamak dari kata budhi (budi atau akal). Kata budaya juga ditafsirkan merupakan perkembangan dari kata majemuk budi-daya yang berarti daya dari budi,yaitu berupa cipta, karsa dan rasa.
Contoh dari budaya adalah seperti bahasa, pakaian, makanan, dan lain-lain. Dari segi bahasa, Indonesia sudah mempunyai beragam ciri khas, itu menandakan bahwasanya Indonesia mempunyai budaya yang bermacam-macam dikarenakan setia provinsi, kabupaten atau kota atau bahkan desa terkecil pun memiliki budaya sendiri-sendiri. Dengan beragamnya budaya tersebut menandakan Indonesia kaya akan budaya yang perlu dilestarikan dan dijaga bersama untuk mewujudkan kemajuan.

Budaya bisa tumbuh dilingkungan kita,akan tetapi apakah budaya-budaya tersebut tiba-tiba muncul tanpa adanya sebab? Budaya layaknya pohon yang dapat tumbuh menjulang tinggi, akan tetapi pohon tidak tiba-tiba tumbuh begitu saja tanpa adanya sebab atau induk. Pohon tumbuh karena adanya akar, begitu juga dengan budaya. Budaya dapat tumbuh karena adanya akar yang juga dapatmenguatkan pondasi tumbuhnya budaya, sehingga di Indonesia saja budaya sangatlah bervariasi atau bermacam-macam karena setiap provinsi, kabupaten atau kota atau bahkan desa terpencil pun mempunyai budaya yang sudah melekat dan menjadi ciri khas daerah tersebut.
Oleh karena itu,masyarakat harus tau akar kebudayaan bangsanya sendiri,karena dengan adanya kebudayaan tersebut dapat memberikan ciri khas tersendiri dan yang paling penting adalah bahwa kebudayaan bangsa itu menjadi dasar terbentuknya ideologi bangsa.

Ingin tahu lebih lengkapnya, Ikuti Diskusi RSC tentang “Budaya Bangsa” Hari ini Rabu, 10 Desember 2014 pukul 18.00 WIB dgn penyaji Mas Sony ’07, Mas Nasrun ’07 & Faisal ’13. Datang ya teman-teman… Makasih

 

Resume           :

Oiiiii temen – temen RSC, kali ini saya akan membagikan resume diskusi dengan tema “Budaya Bangsa”. Cekidot

Budaya adala budhi yang berakar pada manusia itu sendiri, karena pusat kebenaran adalah otak kita sendiri. Sehingga mempelajari budaya sama dengan mempelajari diri sendiri. Budaya tidak hanya kesenian, namun perilaku dan bahasa sehhari – hari pun termasuk kedalam budaya, Indonesia sendiri merupakan negara dengan berbagai macam suku dengan membawa budayanya masing – masing, sehingga cukup sulit untuk menyamakan perlakuan antara satu adat dengan adat lainnya karena keberagaman budaya, namun budaya Indonesia senndiri sudah mulai terkikis dengan masuknya budaya asing yang lambat laun menggeser budaya negeri sendiri, banyak sekali budaya asing yang sangat bertentangan dengan kearifan lokal budaya kita, namun hal tersebut bukannya memperlambat masuknya buday asing, malah semakin mempercepat masuknya buday asing ke indonesia, sudah saatnya pemerintah masuk dan mempertegas dan menghalangi budaya asing yang tidak sesuai deengan kerifan lokal setempat agar kearifan lokal kita akan terus terjaga, LAWAN BUDAYA DENGAN BUDAYA.

Terimakasih semoga bermanfaat

Posted in Resume Diskusi.