MATERI PENGANTAR UPGRADING PENDAMPINGAN DIKLAT RSC 2016 (Kuantitatif)

MATERI PENGANTAR UPGRADING PENDAMPINGAN DIKLAT RSC 2016

MATERI : Pembuatan DOV, Teknik Sampling dan Statistik Deskriptif
PEMATERI : Lucia Dwi Yuliawati Ningtyas(2013) dan Mariyatul Kiptiyah(2014)
TEMPAT : RSC FIA UB
WAKTU : 26 September 2016, pukul 13.00 WIB – Selesai

Definisi operasional adalah suatu definisi yang diberikan kepada suatu variabel dengan cara memberikan arti, atau menspesifikasikan kegiatan ataupun memberikan suatu operasionalisasi yang diperlukan untuk mengukur variabel tersebut.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat DOV yakni:
1. Kesesuaian Teori dengan judul maupun situasi empiris penelitian.
2. Kesesuaian Indikator, poin-poin, maupun faktor pembentuk teori tersebut.
3. Posisi Konsep, variabel, indikator, item.
4. Mengoperasionalisasikan teori dengan empiris.
Populasi adalah  jumlah total  dari seluruh unit atau elemen dilakukannya penelitian. Populasi dapat berupa organisme, orang atau sekelompok orang, masyarakat, organisasi, objek, peristiwa atau laporan yang semuanya memiliki ciri dan harus didefinisikan secara spesifik. Sampel adalah sebagian dari populasi yang diambil sebagai sumber data dan dapat mewakili seluruh populasi.
Teknik sampling di bagi menjadi 2 yaitu probabilitas  dan non probabilitas. Sampel diambil secara acak tanpa memperhatikan strata. Populasi harus homogen. Jenis penelitian deskriptif adalah menggambarkan lebih teliti ciri-ciri sesuatu, menentukan frekuensi terjadinya sesuatu, memberikan gambaran tentang suatu gejala, suatu masyatakat tertentu.
Statistik Deskriptif, yaitu statistik yang digunakan untuk  analisa data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa ada tujuan membuat kesimpulan untuk generalisasi. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah penyajian data melalui tabel, grafik, diagram lingkaran (pie chart), pictogram, perhitungan modus, median, mean (pengukuran tendensi sentral), desil, persentil, perhitungan penyebaran data melalui perhitungan rata-rata dan standar deviasi, perhitungan persentase.

Veröffentlicht in UPGRADING.