Mencari
Tutup kotak telusur ini.

PIONEER UJIAN DISEMINASI DI FIA UB: RAKHA HAFISH SETIAWAN MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN ANGKATAN 2020 LULUS TEPAT WAKTU DENGAN PATEN PRODUK ALAT PENDETEKSI KELEMBAPAN UDARA

Bagikan Ke:

Malang, 3 Juli 2024 – Rakha Hafish Setiawan, mahasiswa program studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) angkatan 2020, berhasil lulus tepat waktu dengan menyelenggarakan ujian akhir yang berbeda dari biasanya. Tidak seperti mahasiswa FIA pada umumnya yang melaksanakan sidang komprehensif dengan presentasi, Rakha melakukan ujian diseminasi di Hotel Swiss-Bellin untuk pemaparan produk tugas akhirnya. Ujian skema ini juga merupakan yang pertama kali diaplikasikan oleh Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Dengan metode penelitian kualitatif prototyping, Rakha menyusun tugas akhir yang berjudul “Perancangan dan Realisasi Alat Asesmen Stabilitas Kelembaban Relatif Terintegrasi Standar ISO 11799:2016 untuk Pelestarian Arsip Bahan Kertas Berbasis Arduino Uno”. Alat inovatif ini dirancang untuk mendeteksi fluktuasi kelembaban udara di ruang penyimpanan arsip, terutama yang berbahan kertas, sesuai dengan standar internasional ISO 11799:2016.

Acara ujian diseminasi produk yang digelar pada hari Selasa, 2 Juli 2024, dihadiri oleh Wike, S.Sos., M.Si., DPA, dan Dr. Farida Nurani, S.Sos., M.Si sebagai dosen penguji. Selain dosen penguji, Rakha juga didampingi oleh dua dosen pembimbing, yaitu Dr. Drs. Muhammad Shobaruddin, MA, dan Endry Putra, S.I.Kom., M.I.Kom. Keduanya memberikan arahan dan bimbingan yang intensif sehingga Rakha dapat menyelesaikan tugas akhirnya dengan baik dan tepat waktu.

Alat yang dibuat Rakha telah menarik perhatian beberapa perusahaan swasta dan sudah dipesan dalam jumlah yang cukup banyak, dan saat ini sedang menjalani proses produksi. Alat ini diharapkan dapat memberikan kontribusi besar dalam upaya pelestarian arsip berbahan kertas.

“Keberhasilan Rakha tidak hanya menunjukkan kemampuan akademis yang luar biasa, tetapi juga inovasi dan kreativitas dalam memecahkan masalah nyata yang dihadapi dalam pelestarian arsip. Kami sangat bangga dengan prestasinya,” ujar Dr. Mohammad Shobaruddin.

Dengan keberhasilan ini, Rakha Hafish Setiawan telah membuktikan bahwa mahasiswa FIA UB dapat berinovasi dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat luas. Semoga prestasi Rakha dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berkarya dan berinovasi. (EP)

 

Berita Terbaru

Artikel Lainnya

Dapatkan informasi terbaru dari Fakultas Ilmu Administrasi Univesitas Brawijaya

Lewati ke konten