Mencari
Tutup kotak telusur ini.

Ngulik Program Kampus Merdeka, Yuk! Part. 1

Kampus Merdeka sepertinya sudah tidak asing lagi ditelinga MABIS. Akan tetapi, MABIS tau gak kalau program Kampus Merdeka tidak hanya sebatas MSIB – Magang, MSIB – Studi Independen, dan Pertukaran Mahasiswa? Yuk kita kulik lima dari sembilan program utama Kampus Merdeka!

1. Kampus Mengajar

Kampus Mengajar merupakan program yang mewadahi mahasiswa, minimal semester 4, untuk bisa menjadi mitra guru di sekolah terdekat dari domisili yang direkomendasikan oleh Kampus Merdeka. Di program ini, mahasiswa diharapkan mampu melatih kemampuan menyelesaikan permasalahan yang kompleks, berinovasi dalam pembelajaran, pengembangan strategi, dan mengembangkan model pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan. 

Bagi MABIS yang tertarik dengan pendidikan dan ingin berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik, MABIS bisa mencoba untuk mendaftar program ini yang telah dibuka dari tanggal 8 Mei – 4 Juni 2023!

Informasi mengenai syarat dan ketentuan pendaftaran, MABIS bisa langsung akses ke https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/4417527806233-Syarat-Ketentuan-Pendaftaran-Mahasiswa-Kampus-Mengajar 

 

2. MSIB – Magang

MABIS pasti sudah tidak asing lagi dengan program yang satu ini. Kampus Merdeka memfasilitasi mahasiswa minimal semester 5 dari PTN maupun PTS untuk bisa memulai karir di berbagai perusahaan di Indonesia, mulai dari corporate, manufaktur, FMCG, perbankan, start-up, BUMN, dan lain sebagainya. 

Untuk bisa diterima di perusahaan tersebut, MABIS bisa mempersiapkan beberapa dokumen penting sesuai dengan syarat dan ketentuan pendaftaran yang bisa diakses melalui link berikut https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/magang/syarat-ketentuan dan wajib untuk mengisi survey kebhinekaan sebalah salah satu syarat wajib diterima di mitra perusahaan. 

Nah, program ini cocok untuk MABIS yang ingin menata karir, merasakan pengalaman kerja, dan memperluas koneksi. Pendaftaran program MSIB – Magang telah dibuka dari 18 April 2023 – 7 Juni 2023.

Yuk kita simak beberapa testimoni dari MABIS yang mengikuti MSIB – Magang Batch 3 dan 4!

Capek karena jarak dari rumah ke kantor jauh, tapi rasanya senang karena bisa ketemu orang baru, belajar banyak hal baru, dan dapat gaji!” – Shafa Putri Aurellia, Ex-Product and Marketing Intern di BNI.

“Seseorang bilang ke aku kalo MSIB ada serunya, ada juga capeknya. Berawal dari kurang percaya, sampe akhirnya ngerasain sendiri capeknya magang, ya karena PP Bogor-Jakarta setiap hari sih HAHA.

Tapi semua itu sangat worth dengan ilmu yang didapat. Kenapa? Karena banyak value” yang aku dapat di Telkomsel as a Market Analytics Intern setiap harinya, di mana aku bisa networking lintas generasi, banyak belajar hal baru khususnya mengenai pengolahan dan visualisasi data, menganalisa potensi market business channel untuk meningkatkan sales, sampai business process di sini. Selain itu, disini kita diberikan free Udemy course access buat mendukung knowledge dan kompetensi sesuai role yang kita ambil. Terakhir, mentor & divisi yang asik dan gak pelit sharing knowledge yang mana membuat aku rutin untuk melakukan daily-weekly presentation dengan mentor untuk melihat seberapa jauh progress project yang aku kerjakan.

So, buat kalian yang tertarik, jangan lupa buat apply Telkomsel di MSIB batch 5!” – Jemmy Pratama, Market Analytics Intern Telkomsel Batch 4

Tunggu apa lagi? Yuk Tantang diri kamu sekarang!

 

3. MSIB – Studi Independen

Program ini cocok untuk MABIS yang ingin mengulik dan menguasai kompetensi spesifik, praktis, dan dibutuhkan di industri masa depan. Kampus Merdeka bermitra dengan institusi yang mana program ini tidak hanya memberikan ilmu secara teori, tetapi juga mampu memberikan pengalaman dengan memberikan pesertanya kesempatan untuk mengerjakan proyek nyata yang bisa mengasah hard skill dan soft skill. MABIS bisa daftar program MSIB – Studi Independen dari 18 April 2023 – 7 Juni 2023.

MABIS juga perlu menyiapkan beberapa dokumen sebagai syarat dan ketentuan pendaftaran yang bisa diakses melalui link https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/magang/syarat-ketentuan dan wajib untuk mengisi survey kebhinekaan sebalah salah satu syarat wajib diterima di mitra perusahaan. 

Yuk kita simak testimoni dari MABIS yang mengikuti MSIB – Studi Independen Batch  4!

“Studi independen seru banget karena kita bisa belajar banyak hal baru! Tapi MABIS perlu melakukan riset terlebih dulu yaa mengenai mitra dan studi yang mau diambil supaya belajarnya lebih nyaman” – Celindita Sinaga, Product Management Intern Binar Academy Batch 4

Tunggu apa lagi? Yuk daftar sekarang dan tantang dirimu untuk mengerjakan proyek nyata!