Mencari
Tutup kotak telusur ini.

Kegiatan Program 3in1 sebagai Pemberdayaan Ilmu Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis

Program Studi Administrasi Bisnis menggelar kegiatan 3IN1 sebagai bentuk pemberdayaan ilmu kepada mahasiswa-mahasiswi Program Studi Administrasi Bisnis. Program ini menyusung tema bernama “Developing, Managing and Using a Customer-Related Database to Build a Successful Analytical Customer Relationship Management.” 

Program acara ini dilaksanakan pada hari Selasa, 23 Mei 2023 pukul 08.15 WIB hingga 16.00 WIB. Program ini mendatangkan para ahli hebat seperti Dr. Syed Hassan Raza selaku Associate Professor at the Institute of Media and Communication Studies serta Yohanes Yuda S.,MM selaku HRD-Staffing & Training Supervisor PT. Roda Sakti Surya Megah.

Acara dibuka oleh Dean of Faculty of Administrative Science yakni Andy Fefta Wijaya, Drs. MDA, Ph.D serta Head of Department of Business yakni Nur Imamah, Dr. SAB., MAB., Ph.D bertugas sebagai Opening Speech pada Program 3IN1 yang dilaksanakan oleh Program Studi Administrasi Bisnis tersebut.

Dalam penyampaian materi yang dilakukan oleh Dr. Syed Hassan Raza selaku Associate Professor at the Institute of Media and Communication Studies yang berjudul Developing and managing Customer related database. Beliau menyampaikan bahwa sebenarnya data CRM sangat penting pada situasi saat ini, hal tersebut sebagai cara untuk terhubung dengan pelanggan serta tidak hanya untuk masa lalu dan sekarang tetapi juga untuk masa depan. Hal itu bukan hanya tentang mendapatkan data saja, tetapi bagaimana menggunakannya dengan benar untuk kebutuhan perusahaan dan kebutuhan pelanggan.

Yohanes Yuda S.,MM selaku HRD-Staffing & Training Supervisor PT. Roda Sakti Surya Megah yang berjudul CRM. Dalam kesempatan ini beliau menerangkan dan menjelaskan terkait Customer Relationship Management atau CRM dapat didefinisikan sebagai seluruh tahapan dari konsep pemasaran dan strategi marketing. CRM memiliki tujuan yang mengarah kepada customer life cycle yang dimulai dari tahap tahu, suka, percaya, mencoba, beli, beli lagi, dan menyarankan yang menjadi siklus yang terus berputar. Adapun proses pengelolaan data CRM dimulai dari proses prospecting (proses mencari dan menilai calon pelanggan), appointment (proses membuat janji bertemu dengan calon konsumen salah satunya untuk follow up data prospect), presentation (proses menggali kebutuhan, menjelaskan produk, dan cara atau penjelasan harga), closing (proses negosiasi dan memastikan pelanggan membeli), getting reveral (proses untuk rekomendasi kepada orang terdekat konsumen atau calon konsumen), serta diakhiri dengan proses service after sales (pengelolaan aftersales, seperti service berkala, service gratis, spare part promo).

Semoga pemaparan materi yang sangat menarik tersebut dapat menambahkan insight baru serta ilmu kepada seluruh Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis sebagai bentuk membantu mengimplementasikan ilmunya di dunia kerja nanti.