Mencari
Tutup kotak telusur ini.

Bahas Penyelenggaraan Pilkada Langsung 2017, Pius Raih Gelar Doktor di FIA UB

Bagikan Ke:

Dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) atau pemilihan umum (pemilu) di Indonesia, politik uang masih terbuka luas. Begitulah yang disampaikan Pius Lustrilanang saat menunggu pengumuman kelulusan disertasinya kepada awak media. Disertasi yang berjudul Penerapan Kepemimpinan Publik Dalam Penyelenggaraan Pilkada Langsung: Studi Pada pemilihan Langsung Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017 tersebut berlangsung tertutup di Gedung A Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB) pada Sabtu (29/9/2018).

“Kecurangan ada di mana-mana dan itu terlihat dalam kasat mata,” jelas Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) komisi IV ini. Ia juga menyampaikan beberapa praktik politik uang yang berlangsung dalam Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 lalu.

Dalam praktiknya, para relawanlah yang mencegah hal tersebut hingga terpilih pemimpin seperti sekarang, yaitu Anies Rasyid Baswedan, Ph.D. Lebih lanjut, Pius menerangkan bahwa praktik politik kotor seperti money politic telah menjadi hal lumrah di Indonesia. Perlu adanya solusi untuk segera dicari penyebabnya.

“Saya berharap pada penelitian kali ini dapat membuka mata masyarakat akan pemimpin yang benar-benar terpilih secara demokratis, bukan karena menang lantaran suara yang dibeli. Sehingga, semua tahapan pemilu bisa dilaksanakan dengan benar dan sesuai aturan,” Harapnya.

Pada disertasi Pius, turut hadir penguji Prof. Dr. Bambang Supriyono, MS (Dekan FIA UB), Anies Rasyid Baswedan, Ph.D (Gubernur DKI Jakarta), Prof. Dr. Sangkala (Universitas Hasanuddin (Ketua Indonesian Association of Public Administration-IAPA), Prof. Dr. Juli Andi Gani, MS (Promotor), Dr. Suryadi, MS (Ko-Promotor), Dr. Tjahjanulin Domai, MS (Ko-Promotor), Prof. Dr. Abdul Hakim (FIA UB), Dr. Siti Rochmah, M.Si (FIA UB), Dr. Bambang Santoso Haryono, MS (FIA UB) dan Dr. Sarwono, MS (FIA UB).

Dalam kesempatannya, Anies menyampaikan keterlibatan masyarakat secara terbuka dan dalam penyelenggaraan pemilu memiliki efek yang besar.

Anies Rasyid Baswedan, Ph.D menjadi penguji disertasi di FIA UB

“Saya berharap proses penyelenggaraan pemilu di Indonesia ke depan mampu dimaksimalkan lagi. Sudah saya usulkan disertasi tersebut dibukukan sebagai sebuah panduan khusus,” Tukas Anies.

Dalam disertasi tersebut, Pius Lustrilanang berhasil meraih Doktor Ilmu Administrasi FIA UB.

Berita Terbaru

Artikel Lainnya

Dapatkan informasi terbaru dari Fakultas Ilmu Administrasi Univesitas Brawijaya