PROGRAM DOKAR FIA UB

Bagikan Ke:

INISIASI KEJASAMA INTERNASIONAL PENGEMBANGAN KURIKULUM

PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN FIA UB (PSIP FIA UB) DENGAN

LIBRARY AND INFORMATION SCIENCE SUNGKYUNGKWAN UNIVERSITY KOREA (LIS SKKU)

(doc. Penyerahan Draft MoA PSIP FIA UB – LIS SKKU)

Malang, November 2023 – Dalam rangka kegiatan Dosen Berkarya (DOKAR) tahun 2023, pada tanggal 1 dan 2 November 2023 lalu Program Studi Ilmu Perpustakaan, di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (PSIP FIA UB) telah mengambil langkah penting menuju kerjasama internasional yang menjanjikan dengan Library and Information Science Department, Sungkyunkwan University (LIS SKKU) Korea Selatan. Kegiatan ini melibatkan sejumlah tokoh kunci dari kedua universitas dan bertujuan untuk meningkatkan kapasistas dibidang edukasi dan pengembangan program studi di bidang ilmu perpustakaan.

Tim delegasi dari PSISP FIA UB yang terlibat dalam kegiatan pengajuan Memorandum of Agreement (MoA) ini adalah Dr. Farida Nurani, S.Sos., M.Si selaku Ketua Program Studi, Endry Putra, S.I.Kom., M.I.Kom selaku Sekretaris Program Studi, dan Dr. Drs. M. Shobaruddin, MA – Dosen Senior PSIP FIA UB. Selain itu beberapa pejabat fakultas seperti Dekan FIA UB dan Ketua Departemen Adminsitrasi Publik FIA UB juga turut hadir dalam kegiatan ini.

Kedatangan tim inisiasi kerjasama PSIP FIA UB disambut civitas akademika SKKU antara lain Youngseek Kim, Ph.D selaku Ketua Departemen LIS SKKU, dan Prof. Wonsik Jeff Kim, Ph.D seorang ilmuwan ternama di bidang Ilmu Perpustakaan, Social Humanities dan Liberal Arts. Kegiatan meeting inisiasi kerjasama ini dilakukan di kampus utama Sungkyungkwan University, Seoul, Korea Selatan.

Pembahasan MoA ini mencakup berbagai inisiatif yang dirancang untuk memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, termasuk penyusunan kurikulum bersama, pertukaran mahasiswa, penelitian bersama, seminar, dan konferensi bersama, serta berbagai kemungkian kegiatan akademis dan non akademis lain yang mampu menunjang peningkatan pengalaman belajar mengajar civitas akademika dikedua belah pihak. Dalam satu kesempatan, Prof. Jeff mengatakan: “untuk dapat menyusun kurikulum dan module course yang baik bagi mahasiswa, maka diperlukan SDM dengan kualitas yang baik pula. Hal ini bisa diawali dari proses seleksi tenaga pengajar di masing-masing departemen.”

(doc. SKKU Main Entrance)

Selain itu, Dr. Farida Nurani mengatakan, “Kami sangat antusias dengan potensi kerjasama ini. Ini adalah langkah penting dalam meningkatkan reputasi dan kualitas pendidikan dan penelitian di bidang ilmu perpustakaan di kedua universitas.”

Proses pengajuan MoA ini merupakan tahap awal dalam rangkaian langkah-langkah yang akan memungkinkan kedua universitas untuk lebih mendalam dan bermanfaat. Harapan besar ada pada kerjasama ini yang akan membawa manfaat lebih besar lagi  dalam perkembangan ilmu perpustakaan dan juga pengembangan sumber daya manusia. (EP)

Berita Terbaru

Artikel Lainnya

Dapatkan informasi terbaru dari Fakultas Ilmu Administrasi Univesitas Brawijaya