Wempi Naviera Raih Juara III Tenaga Kependidikan Berprestasi UB 2015

Bagikan Ke:

Salah satu operator akademik FIA UB, Wempi Naviera, S.AB. berhasil keluar sebagai Juara III dalam ajang Pemilihan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi tahun 2015. Wempi yang sehari-hari bertugas di Sub Bagian Akademik FIA UB sebagai staf statistik dan ijazah berhasil menarik perhatian dewan juri yang terdiri dari gabungan dosen dalam Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Universitas Brawijaya. Di hadapan dewan juri, Wempi menyuguhkan kreativitas dan inovasinya di bidang pelayanan akademik, yakni pengelolaan data untuk Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI), pemanggilan mahasiswa kritis akademik, layanan e-Arsip (arsip elektronik), dan pemanfaatan media sosial untuk membantu pelayanan akademik.

Wempy Naviera tunjukkan sertifikat penghargaannya
Wempy Naviera tunjukkan sertifikat penghargaannya

Wempi mengungkapkan ide inovasinya dalam pengelolaan PDDIKTI berangkat dari sering terlambatnya FIA UB dalam mengirimkan laporan data terkini ke Dikti sesuai dengan tenggat waktu yang ditetapkan. Menurutnya, hal ini terjadi karena tidak adanya tim beserta koordinatornya yang bertugas khusus untuk melaksanakan tugas ini. “Dengan ide yang saya usulkan ke pimpinan serta kerja keras seluruh operator fakultas lainnya, sekarang FIA UB termasuk gelombang paling awal yang menyerahkan laporan PDDIKTI, hingga mendapat apresiasi dari seluruh operator akademik se-UB,” ujarnya.

Selain itu, Wempi yang terbilang aktif di media sosial Twitter ini memanfaatkan hobinya itu untuk menyediakan pelayanan akademik yang lebih baik. Jika biasanya mahasiswa harus mengantri di loket Sub Bagian Akademik hanya untuk berkonsultasi hal-hal teknis seperti KRS dan pembukaan kelas baru, kini mahasiswa cukup menanyakannya langsung melalui akun Twitter-nya. “Mahasiswa bisa bertanya kepada saya melalui akun @WempiNaviera sambil mengetik hashtag #krsfia. Pertanyaan mereka akan sesegera mungkin saya jawab,” ungkap alumni Program S1 Ilmu Administrasi Bisnis FIA UB ini.

Ajang pemilihan pegawai berprestasi itu sendiri dimulai dengan meminta rekomendasi calon pegawai berprestasi dari setiap fakultas dan program studi yang ada di UB. Setelah itu, masing-masing calon akan diberi kesempatan untuk mempresentasikan kreativitas dan inovasinya selama 30 menit di hadapan dewan juri. Para pemenang diumumkan pada momentum Upacara Bendera memperingati HUT RI yang ke-70, Senin (17/8). (ALA/FIA)

Berita Terbaru

Artikel Lainnya

Dapatkan informasi terbaru dari Fakultas Ilmu Administrasi Univesitas Brawijaya