Tim Dosen FIA UB Beberkan Pentingnya Digital Marketing dan Sertifikasi Halal

Bagikan Ke:

Tim Dosen Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB) melalui program Mahasiswa Membangun Desa (MMD) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema utama tentang Digital Marketing, Pencatatan Keuangan, dan Sertifikasi Halal bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Kegiatan ini menjadi wujud nyata kontribusi UB dalam memberdayakan masyarakat desa dan UMKM untuk berkembang dan bersaing di era digital.

Kegiatan yang berlangsung di dua desa, yaitu Desa Kedungbunder dan Desa Rejoso, menjadi fokus utama dari tim dosen yang terlibat dalam program ini. Tim dosen yang terdiri dari Dewi Noor Fatikhah Rokhimakhumullah, SE, MSA, Ak; Hanifa Maulani Ramadhan, SAB, MAB; Endry Putra, S.I.Kom, M.I.Kom; dan Edlyn Khurotul Aini, SAB, MAB, MBA, bekerja sama untuk memberikan sosialisasi dan pendampingan kepada pelaku UMKM tentang penerapan Digital Marketing, Pencatatan Keuangan, dan Sertifikasi Halal.

Kepala Desa Rejoso, Bapak Wawan Aprilianto, dan Lurah Kedungbunder, Bapak Purwo Juwito, S.Sos, turut memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini. Pada tanggal 24 Juli 2023, sosialisasi pertama dilakukan dan dihadiri oleh 28 UMKM dari Desa Kedungbunder dan 19 UMKM dari Desa Rejoso. Masyarakat dan pelaku UMKM sangat antusias dalam mengikuti sosialisasi ini karena program ini memberikan informasi yang relevan dan dapat diimplementasikan secara langsung dalam usaha mereka.

Target dari kegiatan ini adalah para pelaku UMKM di Kabupaten Blitar bisa memahami pentingnya sebuah produk dikenal luas oleh masyarakat, dan juga poin lebih jika sebuah produk sudah memiliki Sertifikasi Halal. “Dengan menggunakan digital marketing dan didukung dengan  kepemilikan Sertifikasi Halal, maka Bapak Ibu bisa menjangkau konsumen yang lebih luas lagi.” tutur Hanifa, sebagai salah satu dosen pemateri saat kegiatan pengabdian ini dilakukan.

Kegiatan berikutnya adalah monitoring dan evaluasi yang dilakukan pada tanggal 29 Juli 2023. Acara ini dihadiri oleh Dhanny Septimawan Sutopo, S.Sos, MSi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UB, yang bertugas sebagai tim monev Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UB. Ika Rahmawati, sebagai anggota tim monev LPPM UB, mendampingi dalam kegiatan tersebut.

“Kegiatan digital marketing ini harus dirasakan manfaatnya secara terus menerus oleh Bapak Ibu sebagai pelaku usaha. Jangan sampai setelah acara ini selesai, maka proses juga ikut selesai” himbauan dari Dhanny sebagai evaluator dari LPPM.

Dalam kegiatan monitoring pengabdian yang juga dihadiri oleh teman-teman mahasiswa ini, tim dosen dan pelaku UMKM juga melakukan diskusi tentang apa saja kendala yang ditemui saat melakukan proses pembuatan branding, mengakses marketplace, serta kebutuhan dokumen dalam pengajuan Sertifikasi Halal. (EP)

Berita Terbaru

Artikel Lainnya

Dapatkan informasi terbaru dari Fakultas Ilmu Administrasi Univesitas Brawijaya