Struktur Mata Kuliah (S1) Pariwisata - Semester 6

Bagikan ke:

Struktur Mata Kuliah

Mata Kuliah Pilihan

Mata kuliah ini membahas mengenai berbagai teknik pengambilan keputusan yang berbasis pada kuantitatif. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para mahasiswa untuk mampu mengambil keputusan dalam organisasi bisnis.

Mata kuliah ini disusun untuk membahas dan mengkaji budaya visual dalam konteks pariwisata. Penting untuk meningkatkan visualitas produk/jasa dalam kegiatan pemasaran, tidak terkecuali di bidang pariwisata. Menggunakan berbagai produk budaya visual memungkinkan wisatawan untuk mendapatkan informasi dan memeriksa produk/jasa selengkap mungkin dan membantu dalam pengambilan keputusan pada tahap pre-visit destinasi dan melengkapi pengalaman selama berkunjung pada suatu destinasi serta membantu menyimpan pengalaman tersebut pasca visit destinasi.

diselenggarakan setiap semester sebagai mata kuliah pilihan. Pentingnya mata kuliah ini adalah memberikan pemahaman tentang bagaimana individu dan organisasi mampu menciptakan dan mengaplikasikan kreativitas dan inovasi dalam kegiatan mereka. Melalui diskusi, mahasiswa memahami konsep kreatifitas, inovasi produk dan jasa, inovasi masa kini, inovasi social, proses penciptaan kreativitas dan inovasi, komersialisasi dan transfer teknologi. Melalui Project-Based Learning dan Cooperative Learning mahasiswa berpikir kreatif, merancang ide-ide inovatif, dan mengaplikasikan ide-ide inovatif dalam suatu rencana bisnis.

Pengembangan bisnis di bidang pariwisata tidak dapat lepas dari berbagai aspek yang melingkupinya, salah satunya adalah aspek sosiologis dan antropologis. Aspek ini penting karena pembangunan pariwisata di suatu daerah akan sedikit banyak berdampak pada kondisi sosiologis dan antropologis masyarakat sekitarnya. Pembangunan atraksi atau destinasi wisata yang baik seharusnya tidak merusak tatanan sosiologis masyarakat sekitar kawasan wisata, melainkan justru membangun dan memberdayakannya. Mata kuliah inimengkaji aspek-aspek sosiologis dan antropologis dari pengembangan pariwisata.

Setelah menempuh matakuliah Ekowisata mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip dasar ekowisata, pelaksanaan ekowisata serta peluang dan tantangan pegembangan ekowisata di masa mendatang.

Wisata Olahraga membahas tentang kegiatan pariwisata olahraga, akuntabilitas dan manajemen keuangan wisata olahraga, potensi wisata olahraga, perencanaan kawasan wisata olahraga yang berkelanjutan, pengelolaan wisata olahraga, serta pengembangan pariwisata olahraga yang berkelanjutan.

Wisata Bahari membahas tentang batasan wisata bahari dan kegiatan rekreasi di wilayah pesisir dan laut secara umum, potensi wisata bahari dan rekreasi pantai pada berbagai ekosistem pesisir dan laut, perencanaan kawasan wisata bahari di wilayah pesisir dan laut yang berkelanjutan, aspek-aspek yang mempengaruhi pengembangan wisata bahari, serta dampak-dampak ekologi dan sosial ekonomi dari pengembangan wisata bahari di wilayah pesisir dan laut

Mata Kuliah Manajemen Food, Beverages, dan Catering Mempelajari bagaimana manajemen minuman, makanan dan layanan catering dan menu-menunya, mempelajari juga sektor restaurant, dilanjutkan juga dengan mempelajari kontrak dengan agen perjalanan dan sektor publik serta upaya pengembangan konsepnya. Pada mata kuliah ini juga mempelajari tentang operasionalnya dan pengendaliannya serta membahas juga terkait permasalahan staf (SDM) dan pemasarannya. Dengan Tujuan agar kedepannya mahasiswa sebagai pelaku pariwisata juga memahami bagaimana menghandle makanan, minuman dan layanan katering yang kaitannya dengan pariwisata.

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep, prinsip, dan praktik yang terlibat dalam mengelola bisnis di industri rekreasi dan hiburan. Di dalamnya mahasiswa akan mengidentifikasi dan menganalisis aspek-aspek kunci dalam mengelola bisnis rekreasi dan hiburan, termasuk pemasaran, operasional, keuangan, sumber daya manusia, dan manajemen acara. Dan membangun kemampuan perencanaan strategis dalam pengembangan produk, layanan, dan pengalaman pelanggan yang unik dan menarik di industry tersebut.

Biro Perjalanan Pariwisata saat ini menjadi bidang yang urgen dalam mendukung perkembangan kepariwisataan. Hampir setiap wisawatan saat ini membutuhkan Biro Perjalanan Pariwisata dalam rangka proses berwisata. Mata Kuliah manajemen Biro Perjalanan Wisata diharapkan mampu menjadi sumber inspirasi mahasiswa untuk terjun ke bisnis ini dan mampu menjadi pengelola bisnis Biro Perjalanan Pariwisata.

Mata kuliah Manajemen Kargo merupakan salah satu mata kuliah yang umumnya diajarkan dalam program studi terkait logistik atau transportasi. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep, strategi, dan praktik dalam manajemen pengiriman dan penanganan kargo baik di dalam maupun di antara berbagai moda transportasi. Dalam mata kuliah ini, Anda akan mempelajari berbagai aspek terkait manajemen kargo, termasuk perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan pengendalian proses logistik dalam pengiriman barang.

Mata kuliah ini disusun sebagai pengantar penting dalam kajian dan manajemen pariwisata virtual berbasiskan augmented reality atau virtual reality, mulai dari konsep dasar pariwisata virtual, pengenalan tele-tourist sebagai pelaku wisata virtual, destinasi wisata virtual, komponen sistem yang diperlukan, berbagai manfaat dan tantangan yang mungkin akan didapatkan pengelola destinasi yang menerapkan pariwisata virtual serta serta praktikum membuat dan menggunakan konten photo panoramic 360, Web-VR, VR 3D dan AR 3D dalam konteks bisnis pariwisata.

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar Geographical Information System dan penerapanya dalam pariwisata khususnya pariwisata geografis, termasuk di Indonesia.

Mata kuliah ini mempelajari tentang aplikasi digital marketing untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mengoptimalkan media pemasaran digital. Lebih lanjut diharapkan mahasiswa dapat mempunyai kerangka berpikir yang efektif dalam digital marketing dan bisa membedakan dengan pemasaran traditional.

Mata kuliah ini berisi teknik analisa data dengan menggunakan SEM-PLS di bidang penelitian pariwisata, khususnya SmartPLS. SEM-PLS merupakan teknik statistik multivariat generasi kedua dan penggunaannya di bidang pariwisata terus meningkat. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami alasan penggunaan SEM-PLS, mampu melakukan evaluasi model pengukuran (baik reflektif maupun formatif), dan mampu melakukan evaluasi model struktural yang mengandung mediasi maupun moderasi.