Ditulis pada 4 April 2021 , oleh inayahssm2020 , pada kategori Berita, Kegiatan, Pengumuman

TRAINING ART CULTURE ORGANIZATION (TACO) 2021

Training Art Culture Organization 2021 (TACO) merupakan agenda tahunan Sanggar Seni Mahasiswa berupa Pendidikan dan Pelatihan (diklat) pengurus yang diselenggarakan sebagai permulaan sebuah kepengurusan untuk memperkenalkan dan membekali berbagai wawasan mengenai kelembagaan kepada calon pengurus. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mempersiapkan calon pengurus dalam menjalani periode kepengurusan selama satu tahun, memperkenalkan kultur organisasi serta menjalin tali silaturrahim antar sesama pengurus dan juga alumni yang notabene merupakan keluarga besar Sanggar Seni Mahasiswa. Tema TACO pada tahun ini yaitu “Menciptakan Seniman yang Aktif, Kreatif, dan Beretika serta Mampu Menjalin Relasi dalam Roda Organisasi.” yang selaras dengan visi dan misi kepengurusan Sanggar Seni Mahasiswa periode 2021.

Kegiatan TACO ini dilaksanakan pada tanggal 12, 13, 20, dan 21 Maret 2021 secara daring (virtual) melalui Zoom Cloud Meeting. Walaupun kegiatan dilaksanakan secara daring, namun tidak menyurutkan semangat dan antusiasme para peserta maupun panitia yang terlibat dalam kegiatan TACO ini. Terdapat banyak kegiatan yang diikuti oleh para peserta diklat, diantaranya games, proker time, problem solving, pembekalan materi kelembagaan, pembekalan materi per bidang seni, showcase, dan kaderisasi.

Setiap kegiatan yang dilaksanakan tentunya memiliki esensi, manfaat dan juga makna tersendiri di dalamnya, yang mana itu semua bertujuan untuk mengembangkan dan mengasah softskill para peserta, menumbuhkan rasa kepemimpinan, kemampuan untuk menemukan solusi sebuah permasalahan, serta menanamkan kultur organisasi yang bersendikan kesenian pada setiap individu. Tentu ini semua berkaitan dengan perjalanan kepengurusan yang akan dijalani bersama-sama selama satu periode kepengurusan.

Salah satu kegiatan yang paling dinanti ialah showcase, dimana masing-masing kelompok menampilkan hasil karya mereka yang mencakup 5 bidang seni yang ada di Sanggar Seni Mahasiswa. Tentunya kegiatan tersebut berjalan dengan sangat menarik, seru dan juga menghibur. Hadirnya para alumni pada sesi sharing dan pembekalan materi juga diharapkan dapat memperluas wawasan dan pengetahuan calon pengurus tentang berproses di Sanggar Seni Mahasiswa melalui pengalaman para alumni, juga dapat menimbulkan inovasi serta ide-ide baru hasil dari sharing bersama dan dapat dikembangkan serta diimplementasikan dalam kepengurusan Sanggar Seni Mahasiswa 2021.

Kegiatan diklat tahun ini terlaksana dengan baik, menyenangkan, dan juga sarat akan makna dan esensi di setiap kegiatan, yang diharapkan dapat dipahami dan diresapi oleh para peserta diklat dan diaplikasikan dalam menjalani kepengurusan Sanggar Seni Mahasiswa periode 2021.