Ditulis pada 15 August 2021 , oleh muhammadrifkyfia , pada kategori Berita, Kegiatan

 

Sanggar Seni Mahasiswa dengan bangga mempersembahkan “Samasta Satya” 2021. Samasta Satya pada tahun ini menjadi wadah kolaborasi dari dua bidang seni yaitu Departemen Tari Tradisi dan Departemen Karawitan, dimana dua bidang seni tersebut berada dibawah naungan Sanggar Seni Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Untuk membuat karya murni hasil dari pemikiran bersama ini membutuhkan waktu kurang lebih satu setengah bulan hingga proses take video dilakukan. Pengambilan gambar pengkaryaan ini dilakukan di Bumi Perkemahan Bedengan, Malang, Jawa Timur. Karena pandemi covid-19 masih belum usai, pementasan Samasta Satya 2021 ditampilkan secara virtual melalui Youtube Sanggar Seni Mahasiswa.

Bukan tanpa alasan, penamaan Samasta Satya sendiri memiliki arti yang sangat menarik dimana “Samasta” berarti disatukan dan “Satya” yang berarti tulus hati, dan bilamana keduanya digabungkan akan memaknakan “kisah yang disatukan dengan ketulusan hati.” Proses yang istimewa kami lewati dengan mematuhi protokol kesehatan untuk menjaga talent dan panitia agar tetap segala proses yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar hingga selesai. Dengan begitu, karya kami yang berjudul “Arimbi” ini dapat diselesaikan tepat waktu dan dengan hasil yang baik.

Cerita ini kami ambil untuk menunjukkan kekuatan seorang wanita dimana kaum yang dianggap lemah dapat menggapai kebahagiaan yang diinginkan. Arimbi yang merupakan seorang raksasi harus berjuang demi mewujudkan cintanya bersama Bima. Dengan paras raksasinya dia harus meyakinkan dirinya dan terus memperjuangkan cintanya meski berbagai rintangan menghadang, termasuk kakaknya Arimba yang melarang seorang raksasi memiliki hubungan cinta dengan manusia. Perjuangan dan ketulusan hatinya berakhir indah namun tragis karena percaya dirinya yang membuat ia cantik bak putri dan berhasil mendapatkan cintanya. Nahas, diwaktu yang bersamaan ia juga harus kehilangan kakaknya.

Video Lengkapnya bisa disaksikan di sini 

Judul Tarian : “Arimbi”

Koreografer : Adelie Putri Lorenda

Komposer : Alya Nur Azizah

Terima Kasih Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya

Terima Kasih Bumi Perkemahan Bedengan, Malang

Salam Budaya!

Seni Jiwaku, Indonesia Budayaku!