MATERI PENGANTAR UPGRADING PENDAMPINGAN DAN KELAS PENULISAN

MATERI        : KALIMAT EFEKTIF DAN PROPOSAL

PEMATERI    : Fidan Safira S.AP (2011) dan Rugayah Khoirun Nisa (2014)

TEMPAT        : RSC FIA UB

WAKTU         : 16 September 2016, pukul 13.00 WIB – Selesai

Menulis adalah menuangkan ide-ide kita dalam betuk sebuah tulisan. Kalimat efektif harus gramatika (terstruktur yang sesuai dengan EYD  dan SPOK), jelas dan lugas, tidak boros kata, tidak memiliki lebih dari satu makna (ambigu), tidak ada kata hubung diawal kalimat (dalam, yang, pada), tidak ada kata tunjuk dalam kalimat, tidak ada kata tanya dalam kalimat (apa, bagaimana, dimana).

Abstrak dalam suatu karya ilmiah merupakan rangkuman deskripsi dari tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan suatu karya ilmiah. Dalam menulis abstrak, jumlah maksimal kata yang terkandung di dalamnya adalah 250 kata. Abstrak berdiri sendiri tanpa catatan kaki atau kutipan. Selain itu, abstrak juga harus di barengi dengan kata kunci atau keywords, sedangkan ringkasan merupakan rangkuman deskriptif dari latar belakang, tujuan, metode, dan hasil suatu karya tulis. Ringkasan dari karya tulis memiliki ketentuan yakni maksimal 4 paragraf atau satu halaman. Masih sama dengan abstrak, ringkasan juga berdiri sendiri tanpa catatan kaki atau kutipan. Akan tetapi ringkasan tidak menggunakan kata kunci atau keywords. Footnote (catatan kaki) adalah daftar keterangan khusus yang ditulis di bagian bawah setiap lembar atau bab karangan ilmiah. Selain catatan kaki dalam pengutipan terdapat innote dan endnote. Innote (catatan perut) adalah sebuah keterangan yng dicantumkan pada margin bawah yang berfungsi untuk menjelaskan suatu kata yang berada dalam teks yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut, sedangkan Endnote (catatan akhir) adalah catatan referensi yang diletakkan di akhir suatu karya tulis ilmiah, sebelum Daftar Pustaka.

Proposal penelitian merupakan serangkaian bentuk tulisan terstruktur yang disusun untuk dikonsumsi maupun dijadikan acuan bagi perseorangan maupun kelompok. Penulisan laporan penelitian merupakan tahap akhir dari suatu penelitian dan merupakan hasil akhir yang diwujudkan dalam bentuk karya tulis ilmiah. Proposal terdiri dari abstrak dan atau ringkasan, bab 1 pendahuluan, bab 2 tinjauan pustaka, bab 3 metode penelitian, dan daftar pustaka.