Resume Upgrading Pendamping II

Halooo keluarga RSC, buat para pendamping cantik dan ganteng yang kemarin berhalangan hadir di upgrading pendamping RSC, berikut resumenya yaa, selamat membaca 🙂

RESUME UPGARADING PENDAMPINGAN 2
DOV, Teknik Sampling dan Statistik Deskriptif
Oleh: Ria Wijayaningsih dan Nelly Sulistyani Putri

Jenis penelitian deskriptif adalah menggambarkan lebih teliti ciri-ciri sesuatu, menentukan frekuensi terjadinya sesuatu, memberikan gambaran tentang suatu gejala, suatu masyatakat tertentu.

Populasi dan Sampel.
Populasi (universe): keseluruhan dari obyek yang dibatasi oleh kriteria tertentu misalnya mahasiswa FIA UB. Sedangkan sampel adalah sebagian dari populasi (subset) yang karakteristiknya akan diselidiki, dan dianggap bisa mewakili keseluruhan populasi. Pengambilan sampel sangat diperlukan karena Jumlah populasi sangat banyak sehingga membutuhkan biaya, waktu, dan tenaga yang sangat banyak pula, pengambilan sampel merupakan satu-satunya jalan yang harus dipilih (tidak mungkin untuk mempelajari seluruh populasi).

Teknik Sampling
Teknik Sampling dibagi menjadi dua yaitu probability sampling dan non probability sampling. Probability sampling meliputi simple random sampling, proportionate stratified random sampling, disproportionate stratified random sampling, dan cluster sampling. Non probability sampling meliputi sampling sistematis, sampling kuota, sampling incidental, pruporsive sampling, sampling jenuh, dan snowbol sampling.

Menentukan Ukuran Sampel
Makin besar jumlah sampel mendekati populasi, maka peluang kesalahan generalisasi semakin kecil dan sebaliknya makin kecil jumlah sampel menjauhi populasi, maka makin besar kesalahan generalisasi. Rumus yang digunakan untuk menghitung ukuran sampel adalah Cochran, cohen, machine, Maholtra.

Materi: Fokus dan Informan
Oleh : Muhammad Ikhwanus

Penentuan Fokus
Pembatasan masalah ialah usaha untuk menentukan batasan dari masalah penelitian yang akan diteliti.
Untuk menentukan focus penelitian terdapat tempat alternative yaitu menetapkan focus yang disarankan informan, menentukan focus berdasarkan domain-domain tertentu organizing domain, menetapkan focus yang memiliki nilai temuan untuk pengembangan iptek, menetapkan fokus berdasarkan permasalahan yang terkait dengan teori-teori yang ada.
Pemilihan Informan
Informan dalam penelitian adalah orang atau pelaku yang benar-benartahu dan menguasai masalah, serta terlibat lansung dengan masalah penelitian.
Pertimbangan dalam Menentukan Key Informan
1. Subyek telah cukup lama dan intensif menyatu dengan kegiatan yang menjadi informasi
2. Subyek masih terlibat secara penuh/ aktif pada lingkungan atau kegiatan yang menjadi perhatian peneliti
3. Subyek mempunyai cukup banyak waktu atau kesempatan untuk diwawancarai.
Prosedur pemilihan informan yang terpenting adalah bagaimana menentukan informan kunci (key informan) atau situasi social tertentu yang syarat informasi sesuai dengan focus peneltian

Reduksi Data
Reduksi data adalah proses analisis untuk memilih, memusatkan perhatian, meyederhanakan, mengabstraksikan serta mentransformasikan data yang muncul dari catatan-catatan lapangan.
Cara mereduksi yaitu memilih data yang dianggap penting membuat kategori data, dan mengelompokkan data dalam setiap kategori.
Penyajian data yaitu sebagai sekumpulan informasi tersusun yang memberikan kemungkinan adanya penarikan kesimpulan.
Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi
Kesimpulan awal yang dikemukan masih bersifat sementara dan akan berubah bila ditemukan bukti-bukti kuat yang mendukung tahap pengumpulan data berikutnya.
Proses untuk mendapatkan bukti-bukti inilah yang disebut sebagai verifikasi data
Apabila kesimpulan yang dikemukakan pada tahap awal didukung oleh bukti-bukti yang kuat dalam arti konsisten dengan kondisi yang ditemukan saat peneliti kembali kelapangan maka kesimpulan yang diperoleh merupakan kesimpulan yang kredibel.
Uji keabsahan data (uji kredibilitas)
Dalam penelitian kualitatif temuan atau data dinyatakan valid apabila tidak ada perbedaan antara yang dilaporkan peneliti dengan apa yang sesungguhnya terjadi pada objek yang diteliti.
Uji kredibilitas data atau kepercayaan terhadap data hasil penelitian kualitatif antara lain dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, dan triangulasi.

Veröffentlicht in Info Kegiatan, P2A, PSDA, UPGRADING, Upgrading Anggota.