Kolaborasi Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dengan Ruang Belajar Aqil

Upaya peningkatan mutu akademik Program Studi (Prodi) Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya terus dilakukan semenjak Prodi ini resmi didirikan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dan berhasil memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Peguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2015. Upaya tersebut dilakukan melalui inovasi program-program baru yang tidak hanya melibatkan kalangan akademis, tapi juga masyarakat. Melalui rancangan program yang dikolaborasikan dengan komunitas Ruang Belajar Aqil (RBA), Program Studi berupaya meningkatkan peran keilmuan baik di ranah akademik maupun masyarakat.

Kamis (19/7), Program Studi Ilmu Perpustakaan FIA UB menyelenggarakan rapat koordinasi dengan RBA guna menindaklanjuti rencana program pemberdayaan masyarakat yang bertema “Literasi Kesejahteraan”. Bertempat di ruang Program Studi Ilmu Perpustakaan FIA UB, rapat dihadiri oleh Ketua, Sekretaris dan para Dosen Program Studi Ilmu Perpustakaan FIA UB; kemudian Wily Ariguna selaku founder RBA ditemani relawan RBA; serta perwakilan anggota Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan (HMPIP) FIA UB.

Adapun tujuan dari rapat tersebut ialah untuk menjalin kerjasama dengan RBA terkait program literasi kesejahteraan masyarakat yang akan menjadi program besar dari Program Studi Ilmu Perpustakaan FIA UB. Program ini salah satunya diwujudkan dengan meningkatkan peran dan mendekatkan mahasiswa di masyarakat melalui belajar dan terjun langsung di lapangan. Sesuai dengan visi dan misi Program Studi Ilmu Perpustakaan FIA UB  dan Komunitas RBA yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat, kolaborasi ini diharapkan dapat menghasilkan pola pikir sivitas akademika yang tergerak untuk memperbaiki keadaan di masyarakat. Selain itu juga mendekatkan akses masyarakat kepada dunia akademis di perguruan tinggi.

Kegiatan rapat diawali dengan pembukaan yang kemudian dilanjutkan dengan presentasi usulan program dari pihak RBA. Program-program yang diusung meliputi program pendidikan atau magang di RBA, kuliah lapang, kelas kunjungan literasi antara masyarakat akademis dan penggiat literasi yang akan diadakan pada bulan Agustus tahun 2018 mendatang.