Ditulis pada tanggal 24 June 2021, oleh rosalitarachma, pada kategori Berita

Cara memulai penelitan, menjadikan sebuah isu sebagai ide awal untuk penelitian dan menentukan jenis penelitian.

Cara Memulai Penelitian

Sains adalah seperangkat metode yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang fenomena di bidang minat tertentu dan membangun dasar pengetahuan yang menghasilkan ilmu terapan yang baik. Pengetahuan ini diperoleh melalui penelitian, yang melibatkan seorang peneliti yang mengidentifikasi suatu fenomena untuk dipelajari, mengembangkan hipotesis, melakukan penelitian untuk mengumpulkan data, menganalisis data, dan menyebarkan hasilnya.

Seorang peneliti melakukan pendekatan terhadap suatu masalah dengan teliti dan hati-hati, mendefinisikan parameternya, mencari informasi yang relevan, dan mencari solusi yang diusulkan dengan pengujian yang ketat. Pandangan ilmiah tentang dunia membuat seseorang menjadi skeptis tentang apa yang dia baca atau dengar di media populer.

Memiliki pandangan ilmiah membuat seseorang mempertanyakan validitas pernyataan provokatif yang dibuat di media dan untuk mencari tahu apa yang dikatakan studi ilmiah tentang pernyataan tersebut. Singkatnya, seorang individu dengan pandangan ilmiah tidak menerima segala sesuatu begitu saja.

Menjadikan Sebuah isu sebagai ide awal penelitian

  1. (Kely, 1963) rasa curiosity untuk mencari penyebab terjadinya suatu hal
  2. Menggunakan Logic dalam setiap detail keputusan yang sedang diambil ketimbang perasaan agar tidak mudah percaya atas suatu penjelasan
  3. Konfirmasi Bias ( Kecenderungan manusia untuk mencari informasi yang menegaskan apa yang sudah ada diyakini dikenal )
  4. Andalkan informasi obyektif daripada prasangka
  5. Menggunakan metode ilmiah supaya terhindar dari informasi yang belum teruji dan tidak sistematis
  6. Diperlukan kepekaan , memperbanyak literasi dan melakukan diskusi

Menentukan Jenis Penelitian

Hal paling mendasar yang perlu dilakukan oleh seorang peneliti adalah memilih jenis asumsi apa yang akan dipilih beserta dengan pertanyaan apa yang menggambarkan asumsi tadi yang selanjutnya atas pertanyaan tersebut akan dijawab dalam suatu penelitian yang bisa menggunakan paradigma kuantitatif atau kualitatif.