Ditulis pada tanggal 5 August 2021, oleh rosalitarachma, pada kategori Berita

LAUNCHING ASOSIASI TAX CENTER PERGURUAN TINGGI SELURUH INDONESIA (ATPETSI) WILAYAH JAWA TIMUR (TALK SHOW & TAX EXPLORE COMMUNITY JAWA TIMUR) “ PERAN STRATEGIS TAX CENTER DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT SADAR PAJAK”

 

Sabtu, 31 Agustus 2021, telah diselenggarakan kegiatan Launching Asosiasi Tax Center Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (ATPETSI) Wilayah Jawa Timur, dan adanya kegiatan berupa Talk Show & Tax Explore Community Jawa Timur, yang mengambil tema Peran Strategis Tax Center Dalam Mewujudkan Masyarakat Sadar Pajak. Acara ini merupakan kolaborasi antara beberapa Tax Center, seperti : Tax Center FIA Universitas Brawijaya, Tax Center FEB Universitas Trunojoyo Madura, Tax Center FE Universitas Negeri Surabaya, Tax Center Politeknik Ubaya, Tax Center FISIP Universitas Jember, dan Tax Center STIE Dewantara Jombang, serta didukung oleh DDTC.

Kegiatan ini dihadiri oleh pemateri yang berpengalaman yaitu Bapak Neilmaldrin Noor., S.E., M.Sc., selaku Direktur P2 Humas Direktorat Jenderal Pajak, Bapak  Darussalam., SE., Ak., CA., MSi., LL.M Int. Tax selaku Ketua ATPETSI Pusat, serta Bapak Drs. N. Purnomo, Ak., M.M., selaku Ketua Forum Tax Center Surabaya dan Pengurus ATPETSI Jawa Timur.

Dalam kegiatan Launching ATPETSI Wilayah Jawa Timur (Talk Show & Tax Explore Community Jawa Timur), adapun susunan acara yaitu :

  1. Regristrasi
  2. Indonesia Raya
  3. Doa
  4. Opening Speech
  5. Pembukaan dan Launching ATPETSI Jawa Timur
  6. Arahan KAKANWIL JATIM I & Dewan Pembina ATPETSI
  7. TEXTY JATIM I
  8. Arahan KAKANWIL JATIM II
  9. TEXTY JATIM II
  10. Arahan KAKANWIL JATIM III
  11. TEXTY JATIM III
  12. TEXTY vote
  13. Talkshow
  14. Pengumuman Pemenang TEXTY
  15. Penutup

Acara dipandu oleh MC Ibu Kartika Putri Kumalasari, S.E., MSA., Ak., yang merupakan dosen Prodi Perpajakan FIA Universitas Brawijaya. Acara dimulai dengan pemutaran lagu Indonesia Raya, serta dilanjutkan doa yang dipimpin oleh Aprilia Dwi Anggraeni, anggota Tax Center FISIP Universitas Jember. Kemudian dilanjutkan dengan opening speech dari Ibu Rosalita Rachma Agusti, S.E., MSA., Ak., CA., selaku Ketua Tax Center FIA Universitas Brawijaya dan  Koordinator ATPETSI Jawa Timur. Dalam opening speech beliau mengucap syukur karena acara lauching ATPETSI Wilayah Jawa Timur dapat terlaksana dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim kolabolator dari Tax Center yang berada di Wilayah Jawa Timur dari Tax Center Universitas Surabaya, Tax Center Politeknik Ubaya, Tax Center Universitas Trunojoyo Madura, Tax Center STIE Dewantara Jombang, Tax Center Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Jember, dan Tax Center Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, serta DDTC yang mendukung acara hari ini.

Acara dilanjutkan dengan arahan dari Bapak Prof. Dr. Poltak Maruli John Liberty Hutagoal, S.E., Ak., M.Acc., M.Ec., selaku Kakanwil DJP JATIM I dan Ketua Dewan Pembina ATPETSI, dilanjutkan dengan pameran TEXTY dari Tax Center yang ada di lingkup wilayah Kanwil DJP JATIM I, antara lain Tax Center Universitas Surabaya, Tax Center Politeknik Ubaya, Tax Center Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Tax Center Universitas Kristen Petra, Tax Center Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Tax Center Universitas Airlangga, dan Tax Center Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya.

Acara selanjutnya adalah arahan dari Ibu Dra. Lusiani, MBA., selaku Kakanwil DJP JATIM II, dilanjutkan dengan pameran TEXTY dari Tax Center yang ada di lingkup wilayah Kanwil DJP JATIM II, antara lain Tax Center Universitas Trunojoyo Madura, Tax Center Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Dewantara Jombang, Tax Center Universitas Muhammadiyah Gresik.

Acara Texty berikutnya ada arahan dari Bapak Idham Budiarso, selaku perwakilan Kanwil DJP JATIM III, dilanjutkan dengan pameran TEXTY dari Tax Center yang ada di lingkup wilayah Kanwil DJP JATIM III, antara lain dari Tax Center Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, Tax Center Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala Jember, Tax Center FISIP Universitas Jember, Tax Center Universitas Islam Malang, dan Tax Center FIA Universitas Brawijaya.

Beralih ke acara berikutnya yaitu Talkshow dengan mengundang moderator dari Tax Center Universitas Trunojoyo Madura Ibu Gita Arasy Harwida, S.E., M.Tax., Ak., QIA., CFrA., BKP, dan dari Tax Center Universitas Negeri Surabaya Ibu Dian Anita Nuswantara., S.E., Ak., CA., BKP., CertIPSAS.

Sesi Talkshow dalam acara ini untuk pemaparan materi pertama dari Bapak Neilmaldrin Noor., S.E.,  M.Sc., selaku Direktur P2 Humas Direktorat Jendral Pajak. Pokok-pokok materi yang disampaikan oleh beliau meliputi perpajakan era digital, meningkatkan kolaborasi dan governpreneurship yang berporos pada keterlibatan pihak ketiga dalam layanan pajak online, serta revitalisasi fungsi dalam Tax Center meliputi pusat edukasi pajak di kampus dan masyarakat; Pusat informasi perpajakan;  Mitra perumusan kebijakan; dan  Mitra pemberdayaan masyarakat.

Pemaparan materi kedua disampaikan oleh Bapak Darussalam., S.E., Ak., CA., M.Si., LL.M.Int.Tax., selaku Ketua Umum ATPETSI dan Managing Partner DDTC. Pokok-pokok materi yang disampaikan beliau mengenai Peran Tax Center sebagai Mitra Strategis DJP, Ruang Lingkup Kerjasama DJP dan ATPETSI yang dapat meliputi beberapa hal seperti : 1) Edukasi, Inklusi, dan Sosialisasi Pajak; 2) Pelatihan Pajak; 3) Riset Bersama berbasis Kewilayahan; 4) Revitalisasi Kurikulum Pajak.

Pemaparan materi terakhir dari Bapak Drs. N. Purnomo, Ak., M.M., selaku Ketua Forum Tax Center Surabaya dan Pengurus ATPETSI Jawa Timur. Pokok-pokok pembahasan materi yang beliau sampaikan meliputi Aplikasi Peran Strategis Tax Center Dalam Mewujudkan Masyarakat Sadar Pajak, serta kiprah tax center dari input yang berasal dari dosen dan mahasiswa, serta muara outputnya ke masyarakat luas.

Acara ini berlangsung sangat menarik, karena selain narasumber yang sangat berkualitas dan kompeten dalam bidang pajak, serta adanya pameran expo yang ditampilkan secara daring oleh tiap peserta, sehingga dibutuhkan kecermatan dan ketelitian dari para juri untuk menilai hasil karya yang ditampilkan. Juri pada kegiatan ini adalah : Bapak Danny Wibowo, MM., Ak., ACPA., BKP., CA., dari KKP Danny Wibowo, Ibu Dr. Benny Susanti, S.E., M.M., dari Tax Center Universitas Gunadarma, dan Bapak Wannanda Azhar, dari Humas Kanwil DJP JATIM I. Selain penilaian dari juri, penilaian juga berasal dari polling para peserta secara online. Pada akhir acara dilakukan pengumuman dari hasil TEXTY yang dimenangkan oleh Tax Center FIA Universitass Brawijaya sebagai Juara 1, Tax Center Politeknik Ubaya sebagai Juara 2, dan Tax Center Universitas Muhammadiyah Gresik sebagai Juara 3.

Pada penghujung acara, Moderator memberikan kesimpulan yang dapat diambil dari acara ini bahwa Edukasi pajak merupakan mekanisme efektif untuk membangun kepercayaan kepada obyekvitas pajak dengan cara mendorong keterlibatan masyarakat dalammerumuskan kebijakan pajak sehingga DJP tidak boleh  dibiarkan sendiri dan kepentingan lain di sektor pajak harus dilibatkan. Mari kita bergandengan tangan mewujudkan masyarakat sadar pajak untuk Indonesia mandiri.