Tax Center FIA UB Goes to Tax Office

 

Senin, 09 Juni 2014 Tax Center FIA UB mengadakan kegiatan Tax Center FIA UB Goes to Tax Office. Kegiatan ini merupakan kegiatan santai yang diselenggarakan oleh Tax Center dan bekerjasama dengan beberapa KPP Pratama yang ada di Malang, yaitu KPP Pratama Batu, KPP Pratama Malang Utara, KPP Malang Selatan dan KPP Madya. Peserta dari acara ini adalah mahasiswa Perpajakan FIA UB angkatan 2011 dan angkatan 2013. Tujuan dari acara ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa Perpajakan tentang apa saja tugas-tugas dari pegawai pajak dan bagaimana mereka bekerja di kantor pajak. Sehingga memiliki pandangan tentang pekerjaan di kantor pajak.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB, dipandu oleh MC yang telah disiapkan dari pihak KPP. Suasana santai sudah ditebarkan oleh MC, karena memang acara ini acara yang santai. Sebelum kepada acara inti, yaitu tour office terlebih dahulu acara diawali dengan do’a bersama yang dipimpin dari pihak KPP, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari kepala KPP. Selain sambutan juga pengenalan pegawai pajak per divisi. Setelah pembukaan diberikan sedikit materi dari pihak KPP. Materi ini berjudul “Peran Mahasiswa dan Lulusan Perguruan tinggi dalam Mendukung Kebijakan dan Kinerja DJP.” dalam penyampaian materi ini banyak juga pengetahuan yang didapat. Salah satunya peran pajak dalam membangun negeri.

Penyampaian materi selesai, acara selanjutnya adalah tour office. Nah ini adalah acara inti dari kegiatan ini. Sebelum tour office, pihak KPP memberikan merchandise kepada ketua Tax Center. Setelah itu, peserta dibagi dalam beberapa kelompok untuk melakukan tour office. Tour office ini dilakukan dengan mengunjungi ruang-ruang per bagian yang ada di KPP. Ruang-ruang itu terdiri dari Subbagian Umum, Seksi Pelayanan, Seksi Pengolahan Data dan Informasi, Seksi Ekstensifikasi, Seksi Pengawasan dan Konsultasi, Seksi Penagihan, Seksi Pemeriksaan dan Kepatuhan internal, Kelompok Jabatan Fungsional Pemeriksa Pajak, Kelompok Jabatan Fungsional penilai. Dalam acara tour office ini peserta yang telah dibagi dalam kelompok, diajak mengunjungi ke setiap ruang kerja dalam kantor pajak. Disini peserta diberikan pengetahuan tentang pekerjaan pegawai pajak setiap bidang masing-masing. Apa dan bagaimana sebenarnya para pegawai pajak bekerja dalam kantor pajak. Banyak pengetahuan yang didapat dari kunjungan kesetiap ruang kerja di KPP ini.

Setelah acara tour office, para peserta diarahkan ke aula kembali. Peserta diminta untuk mengembalikan format laporan yang dibagikan sebelumnya. Format laporan ini berisikan tentang ilmu apa saja yang didapat peserta serta kritik dan saran peserta kepada panitia acara ini. Acara terakhir adalah penutupan, sebelum acara ini ditutup pihak KPP memberikan beberapa souvenir kepada peserta. Peserta yang dapat souvenir itu adalah peserta yang datang paling awal dan peserta teraktif dalam acara. Pemberian souvenir selesai, dilanjutkan dengan penutupan yang dilakukan oleh kepala KPP. Pukul 13.00 WIB acara Tax Center FIA UB Goes to Tax Office selesai. Para peserta dipersilahkan untuk pulang. Seru sekali acara kali ini. Semoga kedepannya semakin lebih baik.