Ditulis pada tanggal 29 May 2015, oleh ari.irawan, pada kategori Kabar LKI, Kegiatan LKI

Di siang yang cerah pada hari Kamis, 7 Mei 2015 pengurus harian Ei Lab mengadakan training of trainer yang bertujuan untuk mengasah kemampuan laboran untuk dapat membuat Business Model Canvass (BMC).  Acara ini juga mengundang pemilik sekaligus penemu Monopoli Wonderful of Indonesia (MOWOI). Apa itu MOWOI? MOWOI adalah papan permainan sejenis monopoli yang menggunakan budaya-budaya Indonesia sebagai sarana permainannya. Menurut Nadia, salah satu penemu MOWOI mengatakan bahwa pengetahuan masyarakat khususnya anak muda jaman sekarang tentang budaya Indonesia sangat kurang dan bahkan ada ratusan budaya Indonesia yang akan punah. MOWOI hadir sebagai sarana untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang budaya-budaya apa saja kah yang ada di Indonesia dalam bentuk papan permainan yang seru dan menarik.

adgf

Training of trainer dimulai dengan pengenalan MOWOI yang disampaikan oleh Nadia kepada laboran yang hadir di acara ini.  Selanjutnya,  Nadia menjelaskan bagaimana cara memainkan MOWOI. Pertama-tama, kita harus memutar lingkaran kecil yang berfungsi sebagai dadu untuk mengetahui ke arah mana pemain akan bergerak, lalu pemain bisa membeli daerah-daerah mana yang ingin dia beli. Peraturan di permainan ini hamper sama dengan monopoli biasa, namun dadu yang digunakan berbeda.

ASf

 

Acara dilanjutkan dengan menganalisis MOWOI ke dalam suatu Business Model Canvas. Para laboran diajak untuk mengidentifikasi  sembilan komponen dari Business Model. Tujuannya, agar bisnis yang kita jalankan dapat sesuai dan seimbang dengan permintaan konsumen dan trend yang ada saat ini. Nadia merasa senang dapat menjadi pengisi acara pada siang itu dan menurutnya, analisis BMC yang dilakukan juga sangat membantu untuk pengembangan bisnis MOWOI sehingga dia mengetahui upaya apa yang akan dilakukan untuk ke depannya.

Sfc