Ditulis pada tanggal 24 December 2015, oleh ari.irawan, pada kategori Kabar LKI

Learn,Collaborate,Develop,Launch Your Startup

 

Sabtu, 28 November 2015 Brawijaya Startup Action (BSA) yang diselenggarakan oleh Ei Lab atau laboratorium Kewirausahaan dan Inovasi berlangsung meriah. Acara ini diikuti oleh 42 orang mahasiswa Universitas Brawijaya yang datang dari berbagai Fakultas. Brawijaya Starup Action adalah ajang untuk berkolaborasi dalam mewujudkan ide menjadi sebuah startup atau bisnis rintisan. Para peserta datang dengan berbagai macam ide dan keahlian.

 

Pada sesi pertama peserta diberikan waktu satu menit untuk melakukan presentasi ide dan menjelaskan siapa saja yang dibutuhkan dalam tim-nya tersebut.setelah itu dipilih 10 ide startup terbaik yang akan direalisasikan menjadi startup dan terbentuklah 10 tim startup. Diantaranya 2Kang2Go,Ideaapa.com,Hi-Care,Heloleh apps,Nguliner.net,Mr.Pharmacy,Osingiki,Farmer meat fresh,Coffee Friends,dan Green Movement.

Pada sesi kedua dilanjutkan dengan materi dari Bapak Brilliyanes Sanawiri selaku ketua laboratorium Kewirausahan dan Inovasi mengenai Business Model Canvas dan Validasi ide dari Satrio Tegar Sadewo selaku Koordiantor pengurus harian Ei Lab. Setelah pemberian materi peserta diminta untuk membuat bisnis model mereka dan kemudian mempresentasikannya

 

Setelah melakukan presentasi,Tim yang sudah dibentuk kemudian memilih jadwal mentoring selama satu minggu untuk mewujudkan startup yang sudah mereka bentuk,Mentor-mentor peserta sendiri adalah para ahli dan praktisi dibidangnya. Mereka sudah sangat berpengalaman dalam membentuk Startup. Bapak Yusi Tirony dari FILKOM, Bapak Briliyanes Sanawiri, Kak Dony, Kak Amar & Kak Revandy dari Stasion (komunitas startup malang), Prof Lilik Setiyobudi Mantan Ketua Inbis dan lainnya. Mentoring sendiri dilakukan di Ei Lab sebagai working space peserta.

 

Seminggu setelah melakukan mentoring pada 18 Desember 2015 peserta kembali melakukan presentasi untuk melaporkan hasil dari mentoring dan validasi mereka. Sebelum melakukan presentasi Kak Farizky memberikan materi mengenai bagaimana presentasi yang baik didepan investor. Setelah pemberian materi, peserta kemudian mempresentasikan ide yang telah mereka eksekusi didepan juri. Acara ditutup dengan pengumuman dan penyerahan plakat kepada Best Action yang jatuh kepada 2KANG2GO, kemudian Toothseeker sebagai Best Pivot dan Osingiki sebagai Best Prototype.

 

 Galeri Foto Kegiatan dapat dilihat di instagram : @startupaction