Ditulis pada tanggal 28 April 2015, oleh ari.irawan, pada kategori Kabar LKI, Kegiatan LKI

1430223738260Pada hari senin tanggal 27 April 2015 bertempat di Laboratorium Kewirausahaan dan Inovasi berlangsung diskusi mitra yang dipimpin oleh bapak M. Iqbal S.Sos, MIB, DBA  mengenai Business Exit dalam aktivitas kewirausahaan. Diskusi ini diprioritaskan untuk mitra Lab guna mendiskusikan bisnisnya terkait dengan strategi exit namun mahasiswa FIA lainnya boleh mengikuti diskusi ini.

Acara dimulai tepat pukul 13.30 WIB. Siang itu langit berwarna kelabu dan jalanan seantero Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya masih segar oleh tetesan hujan namun para mitra maupun para mahasiswa masih semangat untuk menghadiri Diskusi perdana LKi. Satrio Tegar Sadewa sebagai moderator menyambut hadirin dan mempersilahkan bapak Iqbal untuk memulai diskusi dengan menjelaskan Business Exit terlebih dahulu.

1430223674153

Business Exit berbicara mengenai cara kita, sebagai entrepreneur, untuk keluar dari  bisnis. Mengapa kita harus keluar? Exit berbeda dengan discontinue, dimana discontinue menupakan berhentinya suatu usaha karena kondisi dan situasi yang memaksa seperti bangkrut sedangkan exit merupakan sebuah pilihan. Siklus entrepreneurial dimulai dengan perkenalan usaha kepada pasar, fase pertumbuhan dan seterusnya. Untuk UKM dan UMKM, pemerintah mentargetkan untuk melahirkan entrepreneur sebanyak-banyaknya namun apa yang akan terjadi dengan usaha-usaha tersebut dikemudian hari masih belum dipertimbangkan.  Strategi exit dalam kewirausahaan dapat dilakukan saat usaha berada di posisi yang baik dalam pasar kemudian menjualnya pada investor potensial dengan harga strategis. Hasil dari penjualan usaha tersebut dapat digunakan sebagai initial investment atau modal awal untuk memulai sebuah usaha baru yang lebih potensial. Di beberapa negara maju di dunia seperti Australia bursa semacam ini, untuk menjual (exit) dan membeli suatu bisnis bersekala kecil hingga menengah, telah tersedia.

Setelah Pak Iqbal menerangkan secara jelas dan singkat mengenai Business Exit tepat pukul 14.15 WIB sesi tanya jawab dan diskusi perihal Business Exit dimulai. Terdapat beberapa pertanyaan dan pernyataan yang dilontarkan baik dari mitra laboratorium maupun pengurus harian laboratorium. Diskusi berjalan dengan cukup seru meski pada awalnya para audience masih malu-malu untuk aktif bersuara.

Acara Diskusi Mitra perdana yang dilakukan laboratorium kewirausahaan dan inovasi ini berakhir pukul 15.00 WIB. Satrio selaku moderator memberikan kesimpulan diskusi sebelum menutup acara. Acara ditutup dengan tepuk tangan meriah dari para peserta diskusi. Dengan diadakannya diskusi mengenai business exit strategy ini diharapkan ilmu-ilmu yang disampaikan dan didiskusikan dapat bermanfaat bagi semua peserta diskusi dan dapat menjadi pengetahuan sebagai bahan pertimbangkan pengimplementasian usaha bagi para mitra.