Ditulis pada tanggal 29 February 2020, oleh nurjati widodo, pada kategori Berita, Kegiatan

System thinking merupakan sebuah teori yang sudah berkembang sejak lama dalam dunia sains. System thinking merupakan sebuah pendekatan teknis dalam mengelola kompleksitas dan kecepatan sebuah perubahan.  Menurut Chapra (2001), penggagas awal systems thinking muncul dari para ahli biologi, yang memandang bahwa organisme hidup merupakan suatu keseluruhan dan sifat-sifatnya tidak dapat dipisahkan atau direduksi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.

Sesuai saran Senge dalam Muluk (2007), System thinking yaitu perubahan cara berpikir menjadi berikir sistem ini perlu dilakukan untuk mengatasi persoalan yang berlarut larut dan tak kunjung selesai sebagai proses pembelajaran. Dari beberapa definisi berpikir sistem maka dapat disimpukan bahwa berfikir sistem adalah pendekatan yang diperlukan manusia agar dapat memandang persoalan-persoalan dunia ini dengan lebih menyeluruh dan dengan demikian pengambilan keputusan dan pilihan aksi dapat dibuat lebih terarah dan lebih terfokus kepada sumber-sumber persoalan yang akan mengubah sistem secara efektif.

Dalam kenyataannya, metode berfikir sistem masih jarang dipergunakan oleh perguruan tinggi khususnya di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Umumnya hal ini disebabkan karena mahasiswa masih banyak menemui kesulitan untuk mengembangkan gagasan berpikir sistem dalam bentuk penelitan. Oleh karena itu, agar mahasiswa dapat menguasai berfikir sistem maka pelatihan disiplin mengenai Systems Thinking sangat diperlukan. Lab DIGIGOV sebagai unit lab di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya berupaya secara reguler menyelenggarakan Pelatihan Dasar Systems Thinking.

Pelatihan Dasar Systems Thinking Tahun 2020, pertama kali diselenggarakan pada 29 Februari 2020. Kegiatan tersebut dimulai pukul 08.00 WIB hingga berakhir pada 16.30. Tempat penyelenggaraan tetap dilaksanakan sebagaimana kegiatan sebelumnya, yakni di Ruang Komputer Governance laboratory Lantai 6 Gedung E FIA UB.

Pelatihan ini dihadiri total 22 orang peserta, yang terdiri dari 10 orang mahasiswa S1, 6 orang mahasiswa S2, dan 6 orang mahasiswa S3. 5 orang instruktur berpengalaman yang dihadirkan yakni:

  1. Dr. M.R, Khairul Muluk
  2. Dr. Ike Wanusmawatie
  3. M. Chazienul Ulum, MPA, M.AP
  4. Dr. Moh. Said
  5. Rendra Eko Wismanu, M.AP

Ketua Lab Digigov Dr. Farida Nurani dalam pembukaan kegiatan pelatihan berharap pelatihan ini dapat memberikan pemahaman yang benar tentang systems thinking kepada peserta, sehingga ke depan mampu melahirkan gagasan penelitian yang memanfaatkan metode systems thinking hingga menerapkan analisis pendekatan systems thinking dalam penelitian, maupun tugas akhirnya.

Link unduhan:

  1. Flyer kegiatan Pelatihan Dasar Systems Thinking 2020-1
  2. Rundown Acara
  3. Materi pelatihan