Mencari
Tutup kotak telusur ini.

FEELING BURN OUT? STOP SCROLLING SEBENTAR

12 Juni 2023 kemarin sudah ditetapkan menjadi hari pertama UAS di FIA UB. Akan tetapi, UAS take home dan offline datang bertubi-tubi tanpa memberikan ampun, ya kan MABIS?

Kira-kira secara fisik sudah merasa selalu lelah, pusing hingga kepala terasa panas, dan ada perubahan nafsu makan dan pola tidur belum? 

Kalau secara emosional sudah merasa hilang semangat dan motivasi, dipenuhi emosi dan pikiran negatif, dan selalu merasa diri sendiri tidak pernah cukup belum? 

Terakhir, secara sikap, sudah menarik diri dari lingkungan sosial, tidak melakukan tugas atau tanggung jawab, dan menunda-nunda pekerjaan belum? 

Kalau sudah, itu tandanya kalian sedang mengalami burnout. Burnout adalah keadaan di mana diri sendiri lelah secara emosional, fisik, dan mental yang disebabkan oleh stres yang berlebihan dan berkepanjangan.

“Terus kita harus bagaimana?” Kalau menurut HelpGuide.org, MABIS bisa…

 

Tips 1: Bersosialisasi

Jika ada masalah dapat diceritakan ke orang tua, keluarga, sahabat, teman, hingga professional. Alternatifnya, bisa membatasi kontak dengan orang-orang yang menurut diri kita “negatif” atau juga bisa mencari lingkungan dan teman baru. Bisa dengan mengikuti komunitas hingga organisasi. 

 

Tips 2: Cari Sudut Pandang Baru Mengenai dari Hal yang Bikin MABIS Burnout

Dengan melihat sudut pandang lain, bisa membantu diri sendiri mengurangi burn out. Seperti mencari value dari belajar UAS. Selain itu, luangkan waktu untuk beristirahat dulu, jangan lupa untuk luang waktu untuk melakukan hal yang disuka, seperti melakukan hobi. Jangan lupa untuk fokus ke hal-hal yang bikin bahagia juga, ya.

 

Tips 3: Mengevaluasi Kembali Prioritas

Coba MABIS istirahat sebentar untuk berpikir tentang tujuan dan cita-cita MABIS. Bisa saja, ketika MABIS mengalami burnout, ternyata MABIS juga menelantarkan hal yang membawa MABIS ke tujuan. 

MABIS bisa menggunakan kesempatan ini untuk beristirahat, dengan tidur cukup dan membatasi diri dari main gadget, dan mencari tau lagi apa yang sebenarnya benar-benar bikin MABIS bahagia. 

 

Tips 4: Berolahraga

Cukup luangkan waktu selama 30 menit sehari untuk berolahraga bisa menjadi salah satu obat paling penting untuk mengatasi burnout. Bisa dengan melakukan jogging di daerah kost-an dan atau home workout yang bisa dilakukan di kost-an.

 

Tips 5: Kurangi Makan Makanan dan Ubah Kebiasaan

Untuk mengurangi burnout, ternyata kita perlu 

  1. Mengurangi asupan gula 
  2. Mengurangi asupan karbohidrat yang tinggi kalori
  3. Mengurangi makanan yang bisa memengaruhi mood, seperti makanan atau minuman mengandung kafein, lemak tidak baik

 

Semangat ya! Jangan takut untuk beristirahat sejenak dan mencari bantuan ya!

 

Sumber: Smith, M., Segal, J., Robinson, L. 2023. Burnout Prevention and Treatment. https://www.helpguide.org/articles/stress/burnout-prevention-and-recovery.htm

 

Lewati ke konten