Struktur Mata Kuliah (S2) Administrasi Bisnis - Semester 1

Bagikan ke:

Struktur Mata Kuliah

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada mahasiswa tentang pentingnya organisasi bisnis menjadi organisasi pembelajar dalam upaya menciptakan keunggulan bersaing organisasi. Mata kuliah ini membahas elemen-elemen penting untuk menciptakan organisasi pembelajaran yang efektif. Mata kuliah ini juga mencakup manajemen pengetahuan, khususnya difusi pengetahuan. Era bisnis yang semakin dinamis dan kompleks saat ini menuntut pengelolaan difusi pengetahuan yang optimal. Oleh karena itu, mata kuliah ini juga menjelaskan komponen-komponen penting dari difusi pengetahuan dan kaitannya dengan penciptaan inovasi. Pendekatan perkuliahan yang menggunakan mekanisme ceramah dan diskusi (berbagi ilmu, penajaman konsep).

Mata kuliah ini membahas tentang pengembangan paradigma teori organisasi, metafora organisasi, dan komponen utama organisasi meliputi desain dan struktur organisasi, teknologi, dan hubungan organisasi-lingkungan. Selanjutnya dibahas pula perilaku individu dalam organisasi, motivasi, konflik, stres, budaya organisasi, dan perubahan organisasi.

Mata kuliah ini memberikan kajian komprehensif tentang metode penelitian yang meliputi perumusan masalah, kajian pustaka dan hipotesis, teori dalam penelitian kualitatif, populasi dan sampel, variabel dan operasionalisasi variabel, skala pengukuran dan instrumen penelitian, teknik pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif, analisis data kualitatif, menganalisis data kuantitatif, menetapkan konteks penelitian, menyusun proposal penelitian, menyusun laporan penelitian dan menyebarluaskan hasil penelitian.

Subjek ini memberikan pemeriksaan komprehensif teori dan konsep manajemen inovasi dan praktiknya dalam konteks lokal dan internasional. Topik meliputi beberapa mata kuliah manajemen inovasi yaitu, proses dan strategi inovasi, pengembangan produk dan layanan baru, isu inovasi, inovasi dan hak intelektual, techno-entrepreneurship, serta pengelolaan dan pembinaan inovasi.

Mata kuliah ini membahas tentang penerapan prinsip-prinsip kewirausahaan dan intrapreneurship serta penerapan praktisnya pada level individu dan korporasi, yang meliputi konsep, perilaku, dan keterampilan wirausaha dalam menghadapi ancaman dan memanfaatkan peluang bisnis.

Mata kuliah ini membahas berbagai prinsip good governance dan penerapannya dengan pendekatan interdisipliner dalam konteks lokal dan global, melalui kajian teoritis dan praktik tata kelola yang baik (best practice).