Profesor Ilmu Perpustakaan Mengunjungi Universitas Brawijaya

Kepakaran Prof. Sulistyo Basuki, PhD dalam dunia pendidikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi sudah tidak diragukan lagi. Guru Besar Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Indonesia (UI) ini sudah banyak memberi konsep tentang Ilmu Perpustakaan dan Informasi dalam buku-bukunya yang fenomenal. Buku-buku tersebut bahkan telah menjadi rujukan bagi kalangan akademisi maupun pengelola perpustakaan dan kearsipan di Indonesia. Pada Senin (15/4), Sulistyo Basuki menyampaikan kuliah tamu “Library Future” untuk mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA-UB). Melalui kuliah tamu ini, lulusan S1 Program Studi Ilmu Perpustakaan FIA UB diharap mempunyai gambaran ke depan terkait perpustakaan, profesi pustakawan dan komunitas pemustaka.

Di sela-sela acara tersebut, Sulistyo berkunjung ke Perpustakaan Pusat UB. Ia diterima oleh Kepala Perpustakaan Dra. Welmin Sunyi Ariningsih, M.Lib didampingi jajaran pimpinan perpustakaan yang juga pengajar pada jurusan tersebut. Dalam pertemuan ini, ia menyampaikan pengalaman pribadinya sebagai pustakawan dengan pangkat tertinggi di Indonesia. “Ke depan harus ada profesor Ilmu Perpustakaan dan Informasi dari UB,” katanya.

Sulistyo Basuki lahir di Sumbawa pada 1941. Pada 1948, ia menempuh pendidikan Frobel School di Sumbawa dan kemudian pindah ke Sekolah Rakyat Blitar dan lulus tahun 1954. Sulistyo melanjutkan pendidikan di SMP B Blitar pada 1957 dan melanjutkan ke SMA Bagian C pada tahun 1960. Ia mendapat gelar Sardjana Muda bidang Ilmu Perpustakaan dari UI pada 1963 dan Sarjana Sastra pada 1974. Pada 1980 Sulistyo mendapat gelar Master of Science in Library of Science dari Case Western Reserve University Ohio pada 1980 dan pada 1984 mendapat gelar PhD dari universitas yang sama. [D-khoir/denok]