PROGRAM KERJA LPTP FIA UB 2016

No Nama Kegiatan Deskripsi Sasaran Tanggal Pelaksanaan Keterangan (Mata Kuliah Terkait)
Indikator Target/Hasil
1 First Gathering Pertemuan awal seluruh pengurus Lab sebelum melaksanakan satu tahun kepengurusan. Semua pengurus ikut hadir dan mengikuti jalannya kegiatan. Pengurus baru paham dan mengenal lebih dekat dengan masing-masing kepala divisi serta pengurus LPTP 16 Maret 2016 Kegiatan ini ditujukan kepada semua pengurus LPTP.
2 Training Organisasi LPTP Kegiatan yang dilakukan dengan penyampaian Materi, Fokus Grup Diskusi, dan Games. Pengurus Laboratorium ikut berpartisipasi secara aktif.

Pengurus memperoleh pemahaman pengetahuan tentang kepemimpinan dalam organisasi dan pengelolaan Laboratorium

Seluruh pengurus dapat meningkatkan kualitas SDM sehingga dapat menjalankan program kerja yang telah disusun untuk mengembangkan LPTP satu tahun periode kedepan 26-27 Maret 2016 Ditujukan untuk mengembangkan  kualitas SDM pengurus Laboratorium Politik dan Tata Pemerintahan.

Keterkaitan Matakuliah dengan Perilaku Pengembangan Organisasi.

3 Diskusi Pakar Tata Pemerintahan Diskusi ini dilakukan dalam bentuk pembahasan satu kasus tentang pemerintahan dengan komunikasi dua arah, dengan di pandu oleh moderator, dan mendatangkan para pakar pemeintahan. Kegitan ini diikuti oleh peserta yaitu mahasiswa perwakilan dari LOF, BEM, dan DPM dalam lingkup Universitas Brawijaya Hasil diskusi ditulis dan di akhir acara akan di bukukan sebagai produk dari LPTP. Satu bulan  dua kali, dan dilaksanakan lima kali (April, Mei dan Oktober) Diskusi ini bertujuan  untuk mengasah analisis peserta terhadap setiap permaalahan tentang pemerintahan, selain itu juga sangat bermanfaat karena hasil dari diskusi akan dibukukan sehingga akan bermanfaat bagi semua untuk dijadikan bahan bacaan dan refrensi.

Keterkaitan Matakuliah dengan Kepemimpinan.

No Nama Kegiatan Deskripsi Sasaran Tanggal Pelaksanaan Keterangan (Mata Kuliah Terkait)
Indikator Target/Hasil
4 Studi Banding ke Instansi Pemerintahan Studi ekskursi ke instansi pemerintahan provinsi Banyuwangi dan mencari tahu pola dan data desa di Banyuwangi tentang desa yang telah berkembang mengarah kepada desa maju. Antusias mahasiswa publik untuk ikut dalam diskusi studi banding dan mengenal lebih dekat dengan isntansi pemerintah dan format desa maju di Banyuwangi. Peserta dapat memahami tentang format desa di Banyuwangi yang telah maju dan akan dibukukan yang nantinya bisa bermanfaat terhadap desa yang masih membutuhkan bimbingan. Oktober Hasil dari studi ekskursi ini akan di bukukan menjadi satu sebagai bentuk implementasi dari pengurus untuk terjun langsung melihat keadaan di desa inovatif.

Keterkaitan Matakuliah dengan Administrasi Pemerintahan Desa.

5 Seminar Nasional Kegiatan ini mengundang Pemateri yang berkompeten di bidangnya dan profesional untuk pemahaman terhadap penerapan UU No.6 tahun 2014 tentang Desa, tentang gambaran umum  pembangunan melalui desa serta kefektifan dan pengelolaan dana desa. Terciptanya pemahaman peserta terhadap penerapan dan pegeolaan dana desa serta pembangunan melalui desa. Hasil dari seminar nantinya akan di jadikan buku tentang perjalanan LPTP yang berbasis  pada desa. Seliaj itu diharapkan semua peserta paham akan implementasi UU No.6 tentang desa, untuk mahasiswa dapat tergugah jiwa sosial untuk membantu membangun desa sebagai upaya pengabdian masyarakat.

 

 

 

 

November Program ini berkaitan dengan matakuliah Administrasi Pemerintahan Desa. Dan hasil dari seminar akan di dokumentasikan bersama proker-proker lain yang telah dikerjakan dan sebagai bentuk karya dari LPTP FIA UB
6 Sekolah Aparatur Desa Kegiatan ini merupakan pelatihan di fokuskan bagi para Aparat Desa untuk belajar lebih dalam mengenai implementasi UU No 6 Tahun 2014 tentang desa yang di fokuskan pada pemerintahan, keuangan dan pembangunan Para aparatur desa di Jawa Timur  dapat ikut berpastisipasi aktif dalam rangkaian kegiatan ini. Pengurus dan peserta pada khususnya paham akan format pembangunan, pemerintahan dan keuangan desa. Harapannya ketika kembali para aparatur dapat mengarahkan desa sesuai dengan tujuan. Dijalankan selama 4 hari pada bulan Mei Program kerja ini bekerjasama dengan Pemerintah provinsi untuk mrmbantu mensukseskan program desa.

 

No Nama Kegiatan Deskripsi Sasaran Tanggal Pelaksanaan Keterangan (Mata Kuliah Terkait)
Indikator Target
7 Pendampingan Aparatur Desa (KKN) Pelibatan Mahasiswa  FIA untuk terjun langsung ke Desa khususnya Aparatur pemerintahan, langsung membantu kinerja para aparatur desa serta melihat situasi dan kondisi masyarakat Desa, serta mendampingi aparatur Desa Aparatur desa dapat mengelola dan menganalisis setiap permasalahan yang ada di desa dan adanya perubahan yang mengarah pada pembangunan. Desa dapat mengembangkan diri melalui aparatur nya yang telah paham akan pengelolaan keuangan, pemerintahan dan pembangunan kemajuan desa. Mei Sebagai bentuk implementasi pengabdian masyarakat sebagai bagian dari upaya FIA dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
8 Buletin Rutin LPTP Sebuah program yang dilakukan untuk memberikan Informasi dan mendokumentasikan  setiap kegitan LPTP yang telah dikerjakan dan mencantumkan setiap isu hangat yangberhubungan dengan politik dan tata pemerintahan. Mahasiswa FIA, Laboratorium yang ada di FIA, lembaga kemahasiswaan yang ada di FIA mendapatkan informasi dari Bulletin LPTP Mahasiswa dapat memahami dan mengerti akan dunia  pemerintahan kemahasiswaan, lokal, nasional dan internasional Catur Wulan sekali Buletin ini bertujuan untuk mempublikasikan LPTP dan membantu memperluas informasi tentang pemerintahan desa kepada mahasiswa FIA khususnya dan publik pada umumnya, serta membantu mencerdaskan mahasiswa FIA terutama dari segi pemerintahan.